Gubernur Kalimantan Selatan Hadiri Upacara Bulan K3 Nasional 2017 PT. Jhonlin Baratama

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_009Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari-12 Februari merupakan agenda tahunan yang diadakan di berbagai perkantoran dan instansi pemerintah di Indonesia, termasuk salah satunya Jhonlin Group melalui unit usahanya PT. Jhonlin Baratama. Tema nasional peringatan Bulan K3 tahun 2017 yakni ‘Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif’.

Pukul 08.00 Wita perwakilan unit usaha Jhonlin Group dan Subcontractor sudah berkumpul di kantor PT. Jhonlin Baratama site Sungai Dua bersiap-siap mengikuti upacara bulan K3 nasional 2017. Tidak ketinggalan juga kelompok marching band SMPN 1 Simpang Empat andalan Tanah Bumbu menghibur sambil menunggu rombongan Gubernur Kalimantan Selatan dan Bupati maupun Wakil Bupati Tanah Bumbu, Danlanud Banjarbaru, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan beserta unsur Muspida lainnya.

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_006Dengan menggunakan APD yang lengkap para peserta upacara yang merupakan vendor maupun karyawan dari unit usaha jhonlin Group berbaris rapi. Tepat Pukul 09.15 wita rombongan Gubernur sudah tiba bersama rombongan di halaman kantor PT. jhonlin Baratama Sungia Dua. Didampingi oleh Direktur PT. Jhonlin Baratama, Gubernur Kalimantan Selatan yang akrab disapa Paman Birin menuju ke tenda yang telah disipakan.

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_008Upacara dimulai, diawali dengan sambutan dari managemen PT. Arutmin Indonesia yang diwakili oleh Iwan Sugiarto KTT PT. Arutmin Indonesia tambang Batulicin. Dalam sambutannya ia mengimbau dan mengajak semua karyawan untuk melakukan upaya-upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing sehingga budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja.

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_007Setelah PT. Arutmin Indonesia, giliran PT. Jhonlin Baratama memberikan sambutannya. Ditemui disela-sela pelaksanaan upacara, Fahrial Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama juga menyampaikan “Kinerja safety sebetulnya secara umum sudah baik dari tahun-tahun sebelumnya. Namun apa yang harus kita perbaiki yakni kesadaran karyawan untuk mematuhi SOP dalam setiap aktivitas kerja. Karena dengan menerapkan SOP pekerjaan bisa dilakukan dengan aman. Pertanyaannya bagaimana pekerjaan itu bisa dilakukan dengan aman tentunya menjadi komitmen perusahaan.”

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_005Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor S.Sos MHum membacakan pidato Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Ia berpesan ke seluruh karyawan bahwa betapa pentingnya K3 apalagi di sekitar kita potensi bahaya sangat banyak maka diharapkan mampu menerapkan dan mengimplementasikan K3 di lingkungan kerja serta memaknai kegiatan ini guna dapat menerapkannya di lingkungan kerja masing-masing. Dengan demikian K3 merupakan salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja hingga pada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional. Oleh sebab itu dalam kondisi apapun K3 wajib dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundangan.”

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_004Usai membacakan pidato menteri, dilaksanakan penekan tombol sirene oleh Gubernur Kalsel beserta tamu undangan lainnya sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan bulan K3 yang telah menjadi agenda seperti tahun-tahun sebelumnya. Kabar menggembirakan bagi PT. Jhonlin Baratama site Sungai Dua. Pasalnya, bertepatan dengan upacara bulan K3 nasional dilakukan penyerahan penghargaan oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia kepada PT. Jhonlin Baratama  yang mana di tahun 2015 berhasil memperoleh 7 juta jam free LTI (Lost Time Injury). Kemudian dilanjutkan penyerahan piagam kepada karyawan  terbaik dari masing-masing departemen di PT. Jhonlin Baratama serta apresiasi kepada penanggung jawab sub contractor PT. JB site Sungai Dua yang sudah mengimplementasikan program K3LH di tahun 2016 di lingkungan kerja masing-masing. Tidak hanya upacara memperingati bulan K3 Nasional 2017, bertepatan hari itu juga dilaksanakan donor darah yang diadakan PT. Jhonlin Baratama bekerjasama dengan RS Marina Permata serta PMI Tanah Bumbu.

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_018Anton Simbolon, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan disela-sela upacara bulan K3 menyampaikan “Kami berharap apabila terjadi kecelakaan kerja pihak perusahaan melapor ke Disnaker sehingga kita dapat melihat tingkat kecelakaan kerja. Kita berharap perusahaan dapat bekerja aman sehingga apa yang menjadi targetnya seperti zero accident maupun LTI dapat tercapai.  Oleh sebab itu upaya-upaya K3 harus ditingkatkan melalui berbagai pendekatan, baik secara teknis, teknologis, sistemik dengan mempertimbangkan fenomena globalisasi dunia usaha,industri maupun perdagangan. Kondisi ini harus bias dijadikan tantangan sekaligus peluang. Dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman & sehat menuju nihil kecelakaan dan penyakit akibat kerja guna peningkatan produktivitas nasional dapat terwujud.”

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_010

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_011Adapun indikator karyawan terbaik menurut Muslikun, Section Head SHE PT. Jhonlin Baratama “Karyawan terbaik dinilai berdasarkan hasil SAP (Safety Accountability Perform). Penghargaan yang diberikan Kementerian Tenaga Kerja RI ke PT. Jhonlin Baratama Sungai Dua tahun 2015 atas free lost time injury kurang lebih 7 juta jam. Sementara untuk tahun 2016 kami memperoleh kurang lebih sekitar 10 juta atas free lost time injury.“

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_003

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_002Efgar Welmar Santos, Manager SHE PT. Jhonlin Baratama mengucapkan terima kasih kepada Rombongan Gubernur Kalimantan Selatan yang telah menghadiri upacara Bulan K3 Nasional 2017 di site Batulicin PT. Jhonlin Baratama. Terlaksananya kegiatan ini menurutnya berkat support dari teman-teman baik sub cont maupun unit usaha. Tidak hanya upacara saja, hari ini kita juga mengadakan donor darah untuk karyawan maupun tamu undangan yang hadir. Kegiatannnya tidak semeriah tahun sebelumnya namun yang patut menjadi renungan kita dan harapan kita bagaimana tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Kita berharap dapat bekerja dengan aman sehingga apa yang menjadi target perusahaan tercapai.

Jhonlingroup_upacara_bulanK32017_nasional_001