[Liner Notes] HUT RI ke-72 di Jhonlin Group: Membangun Kebersamaan, Merawat Nasionalisme

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
Setelah lebih dari satu dekade, untuk pertama kalinya Jhonlin Group merayakan kemerdekaan RI dengan perayaan yang memiliki esensi lebih dari hanya sekedar perayaan. Hasrat yang mengentalkan rasa nasionalisme dalam diri, sembari mempererat kebersamaan antar karyawan dan keluarga besar Jhonlin Group. Dengan menjadikan kompetisi sebagai “alat” dianggap mujarab yang mampu membangun kebersamaan dan merawat nasionalisme sekaligus.
JhonlinMagz, Jhonlin Group, Jalan Santai, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, h isam, h isam jhonlin
 
Perumahan Jhonlin Indah sebagai tempat perayaan semakin berdenyut dan bergeliat siang malam menjelang acara puncak perayaan kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2017 silam. Ada bapak yang sibuk merias sepeda anaknya sepulang dari lokasi kerja,”Untuk lomba sepeda hias nanti” katanya.Adapula yang bergerombol membentuk kelompok di tiap blok perumahan, berembuk capai mufakat untuk merancang gapura blok yang akan dilombakan, “Setelah beberapa tahun bertetangga, baru kali ini kami kumpul bareng untuk kerja sama mempercantik blok kami” celetuk salah seorang penghuni blok di Perum Jhonlin Indah, Batulicin.Antar penghuni rumah ke rumah semakin intens berkomunikasi, bercengkrama dalam nada yang sama, dalam semangat yang serupa. Ini langka. Ini sejarah.
 
 
Jauh hari sebelumnya, bagi karyawan pecinta olahraga pun telah berlaga; Bulutangkis, Tenis Meja, Futsal. Tiga cabang olahraga ini lebih dulu menabuh genderang kompetisi. Kompetisi yang merekatkan kembali asa kebersamaan antar karyawan.
JhonlinMagz, Jhonlin Group, Jalan Santai, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, h isam, h isam jhonlin
 
 Puncaknya, di tanggal 17 Agustus 2017, tepatnya di blok D Perumahan Jhonlin Indah, di pagi yang cerah oleh matahari yang membuncah, dimulai satu persatu kegiatan perlombaan yang mengingatkan akan era Rano Karno masih dianggap sebagai aikon laki-laki rupawan, era di mana Adi Bing Slamet masih lucu-lucunya sebagai artis cilik. Era di mana, perayaan peringatan kemerdekaan RI selalu diwarnai oleh; tarik tambang, lomba makan kerupuk, masukin pulpen ke botol, dan lainnya.
Seolah tak ingin kalah, beberapa hari setelahnya, diadakan pula malam hiburan dengan puncak acara penampilan performance art bernafaskan nasionalisme nan akut. Berbagai atraksi yang datang dari sentimen nasionalisme dari unit-unit usaha Jhonlin Group pun mengalir malam itu; ada yang berlaku bak dancer, aktor, penyanyi bahkan membawa memori kita ke masa imperialis melalui drama nan satir. Tentunya kegiatan ini pula diperlombakan, jadilah eporik malam itu semakin bergeliat, dibumbui aroma kompetisi menampilkan yang terbaik dari yang terbaik.
Kesemua kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI ke-72 ini bukan hanya sekedar memperingati hari kemerdekaan yang melulu sikap formalitas tanpa esensi. Lebih dari itu, kali ini Jhonlin Group ‘menabur’ esensi yang sebanarnya dalam memaknai kemerdekaan RI, setidaknya dalam skala yang kecil di lingkungan Jhonlin Group saja terlebih dahulu. Memaknai kemerdekaan dengan memerdekakan pola pikir individual terlebih dahulu; merdeka dari kotak ego-sentris, memanusiakan manusia sebagai insan sosial. Bahwa, sebagai manusia kita diwajibkan untuk saling bersilaturrahim, saling mengisi satu sama lain, saling berinteraksi, saling bantu dan membantu.Karena ‘merdeka’ saat ini bukan hanya perjuangan melawan ‘penjajah’ secara harfiah, lebih dari itu, memerdekakan diri dari kepentingan diri sendiri untuk kepentingan orang banyak. Untuk kepentingan lingkungan terdekat hingga negara. Iya, negara yang telah diperjuangkan oleh mereka; para pahlawan.
Setidaknya, kita telah berupaya untuk selalu menjaga pluralisme dalam lingkungan terdekat kita. Menjaga dan merawat perbedaan dalam bingkai kedaulatan Republik Indonesia, memaknai Pancasila dalam artian yang sebenarnya.

Bukan hanya menjadi seremoni di upacara bendera saja. 5 sila yang persatukan kita.Seperti diorama yang indah, seluruh karyawan bersama keluarganya antusias, penuh senyuman bahagia, terasa sejuk dipandang mata dalam rangkaian acara peringatan kemerdekaan RI yang ke-72 di Jhonlin Group kali ini. Mungkin dalam hati mereka terucapa kata “Semoga tahun-tahun ke depan, acara seperti ini tetap ada”.

 

 

JhonlinMagz, Jhonlin Group, Jalan Santai, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, h isam, h isam jhonlin

Share.

Comments are closed.