Integrasi Budaya K3 Menjadi SMKP di PT. Jhonlin Baratama

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Jhonlin Group, SMKP, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, PT. Jhonlin BaratamaDunia pertambangan Indonesia akhirnya memiliki sistem manajemen keselamatan pertambangan Indonesia, yang ditandai dengan diterbitkan Peraturan Menteri ESDM No.38 Tahun 2014 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP). Hal ini memberi harapan bagi para praktisi dan professional SHE di pertambangan karena dengan terbitnya permen tersebut secara tidak langsung peran dan tanggung jawab terasa “lebih ringan” dikarenakan mau/tidak mau perusahaan wajib menerapkan Sistem Manajemen tersebut dan pengawasan langsung dari pemerintah khususnya Kementrian ESDM.

Jhonlin Group, SMKP, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, PT. Jhonlin BaratamaSMKP wajib dilaksanakan oleh semua perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, yang meliputi perusahaan pertambangan dan perusahaan jasa pertambangan. Hal ini diatur dalam Permen ESDM no 38 Tahun 2014 tentang Penerapan SMKP. Perusahaan pertambangan yang wajib melaksanakan SMKP adalah pemegang IUP, IUPK, IUP Operasi Produksi khusus untuk pengolahan dan/atau pemurnian, KK, dan PKP2B. Perusahaan jasa pertambangan yang wajib melaksanakan SMKP adalah pemegang IUJP, dan SKT.

Karena itu, sebagai perusahaan yang bergerak bidang pertambangan PT. Jhonlin Baratama berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi seluruh karyawan, tamu, kontraktor serta setiap orang yang berada dalam area operasional serta memastikan keselamatan dan Kksehatan kerja yang tidak hanya menjadi slogan dan target namun mampu menyatu erat dengan budaya kerja.

Jhonlin Group, SMKP, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, PT. Jhonlin BaratamaSelama 2 hari, lebih dari 40 karyawan dari PT. Jhonlin Baratama maupun sub-contractor mengikuti pelatihan SMKP di ruang meeting PT. Jhonlin Baratama 17-18 September 2016 oleh Gunawan Hardjito dari ESDM Provinsi Kalimantan Selatan. Seperti yang disampaikan GunawanHardjito “SMK3 dan SMKP hampir sama, hanya saja SMK3 ke semua sektor  sementara SMKP lebih spesifik ke perusahaan pertambangan. Karena dari sektor pertambangan memiliki resiko yang sangat besar sendiri maka sektor diminta untuk membuat sistem sendiri yang disebut dengan SMKP,”

Jhonlin Group, SMKP, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, PT. Jhonlin BaratamaDisebutkannya “Ada 7 elemen-elemen yang terdapat dalam SMKP diantaranya ;  Kebijakan, Perencanaan, Organisasi dan personel, Implementasi, Evaluasi dan Tindak Lanjut, Dokumentasi serta Tinjauan manajemen. Semua elemen adalah satu rangkaian yang berintegrasi dalam satu sistem. Begitu kita sudah menerapkan, maka kita akan memiliki satu sistem K3 yang nanti menjadi pedoman saat bekerja. Integrasi budaya K3 melalui SMKP. Yang terpenting, SMKP merupakan awal terciptanya tatanan sistem K3 pertambangan Indonesia yang harus diterapkan dan dilakukan perbaikan terus-menerus untuk membudayakan K3 diseluruh karyawan tambang dan menjadi budaya K3 perusahaan. Bagi perusahaan yang tidak melaksanakan SMKP akan dikenakan sanksi berupa sanksi peringatan tertulis, penghentian sementara sebagian atau seluruh kegiatan operasional, dan pencabutan ijin usaha.”

Jhonlin Group, SMKP, Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, PT. Jhonlin BaratamaSection Head SHE PT. Jhonlin Baratama, Muslikun mengungkapkan “SMKP merupakan Sistem manajemen yang menjadi bagian dari sistem perusahaan dalam rangka untuk mengendalikan risiko keselamatan pertambangan yang terdiri dari K3 pertambangan dan keselamatan operasi.  Agar karyawan perusahaan pertambangan paham dalam penerapan peraturan ini, PT Jhonlin Baratama bersama semua Sub-contractor menggelar Pelatihan SMKP. Pasalnya penerapan SMKP wajib bagi perusahaan sebagaimana diatur dalam Permen ESDM no 38 Tahun 2014. Untuk itu, diperlukan pelatihan bagi karyawan khususnya di level pengawas yang menjadi ujung tombak lancarnya kegiatan operasional perusahaan.”  ungkap Muslikun.

Sementara itu, Teguh salah seorang peserta dari dari Health PT. Jhonlin Baratama berpendapat bahwa sosialisasi SMKP ini sangat luar biasa. Karena, melalui kegiatan seperti ini kita sebagai karyawan mengerti tentang SMKP. Ternyata di SMKP ada penambahan tentang keselamatan operasional. Dan menurutnya perbedaan SMK3 itu hanya secara umum, dan kalau SMKP itu khusus pertambangan.

Share.

Comments are closed.