KEINDAHAN DALAM GORESAN TANGAN

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Kebanyakan orang menjalankan hobi meraka ini sebagai sarana melepas penat, rindu, atau mencari kesenangan untuk sejenak keluar dari rutinitas sehari-hari. Cara yang sehat untuk rehat dan santai ini digeluti oleh Aris Purnomo salah satu karyawan Jhonlin Group Saw mill yang sangat senang menggambar. Berikut wawancaranya bersama JhonlinMagz.
Jhonlin Group
Bisa diceritakan sejak kapan bapak menekuni hobi menggambar ini dan apa yang membuat bapak menyukainya?
Ketika saya mulai kenal/dikenalkan oleh orang tua dengan alat tulis, baik itu pensil, bolpoint, spidol maupun kuas sejak itu saya jatuh cinta. Menurut saya semua alat lukis itu unik,karena dia akan meninggalkan bekas yang akan mempunyai arti bagi penggunanya baik tulis maupun lukis.

Ada tidak pengalaman yang paling berkesan selama bapak menggeluti hobi ini?
Banyak sih, cuman satu hal yang tak kan terlupa. Ketika karya saya, sebuah lukisan pensil dan dihiasi puisi dibacakan dihadapan para pecinta seni. Kalau tidak salah acaranya aruh sastra dan seni yang skalanya lumayan besar waktu itu di tahun 2006 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Saat itu saya ketiban sampur (kejatuhan selendang) untuk membawakan hasil karya saya mewakili tuan rumah walaupun kala itu gagal saya bawakan sendiri dan diwakilkan kepada rekan seniman Tanah Bumbu lainnya, karena waktu itu istri saya mau melahirkan. Seolah semuanya telah diatur oleh yang maha kuasa, ketika hasil karya saya saat itu sedang dibacakan bertepatan pula kelahiran anak saya dan diiringi doa seluruh tamu yang hadir. Semoga kelak menjadi seniman yang “mahsyur”, maka saya selipkan nama mahsyur diantara nama anak pertama saya untuk mengenang pengalaman yang berkesan itu.
Jhonlin Group
Kalau boleh tau jenis gambar yang biasanya bapak buat apa?
Hampir semua seni yang berhubungan dengan tulis dan lukis saya suka, tapi saya lebih menikmati ketika melukis dengan nuansa alam yang dibumbuhi kehidupan klasik tempo doeloe…begitu menetes dingin rasanya….

Sejauh ini apa saja prestasi yang Anda telah capai dengan hobi ini?
Prestasi seorang pecinta seni bukan pada piagam ataupun piala. (walau itu penting juga untuk jadi barometer diri). Tapi prestasi puncak seorang pekerja seni adalah ketika hasil karyanya membuat hati orang larut dan‘ngeh’dengan apa yang dilihatnya, dengan kata lain pengakuan”

Bagaimana cara anda membagi waktu dalam menjalankan hobi ini, sementara kita ketahui bapak juga seorang pekerja?
Agak sulit memang untuk total kesitu dan harus rela berkorban waktu istirahat malam saya menjadi tumbalnya.Karena menggambar bisa mengasah kreativitas dan selain itu butuh kesabaran untuk detail. Memang tidak sedikit orang yang memilihnya. Namun demikian, mungkin hanya segelintir saja yang mampu menguasai secara mendetail hingga menghasilkan gambar yang bagus dan berkualitas.

Dengar-dengar Anda memiliki komunitas atau kelompok menggambar sejak dulu sampai sekarang ini?
“Ya ada, waktu di kota asal dan sekarang saya tergabung di komunitas seni yang ada di dunia maya baik itu facebook,instagram dan blackberry yang cakupan nasional jadi kita bisa saling share dan mengawal dunia seni di Indonesia khususnya dunia lukis dan gambar. Tidak hanya itu saja, sekarang saya juga tergabung komunitas komik asli Indonesia. Tujuan komunitas ini adalah membangunkan dunia komik Indonesia yang lelap tidurnya, supaya anak cucu kita tahu kita punya super hero seperti Sibuta, Gundala putra petir, Pendekar bambu kuning dan lain-lainnya yang tak kalah dengan Superman, Batman atau yang lain. Bahkan banyak yang tidak tahu para pelukis/penciller Indonesia yang banyak dipakai jasanya oleh Marvel DC komik. Itu menunjukan kita bisa dan tak kalah kualitas dengan orang diluar sana kalau kita semua mau dan peduli.
Jhonlin Group
Apa harapan bapak untuk para generasi muda terhadap hobi menggambar yang seperti kita ketahui semakin hari peminatnya semakin berkurang?
Harapan saya semua pihak mampu memberi ruang untuk dunia seni, baik dari koran, majalah maupun event-event pameran maupun workshop supaya anak muda lebih memahami dunia seni,tak kenal maka tak sayang. Coba lihat porsi seni (lukis/gambar) yang ada pertelevisian Indonesia hampir tidak sampai 5% bahkan ada yang tidak ada.

Bisa dijelaskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan orang-orang khususnya para pemula yang baru saja menekuni hobi seperti ini?
Selain bakat dunia seni ini bisa dipelajari kok, perbanyak melihat karya-karya maestro lukis/ gambar Indonesia maupun luar negeri supaya minatnya terjaga, sebab minat itulah cikal bakal sebuah karya.

Disamping mengasah kemampuan serta olah pikir,manfaat apa yang Anda dapatkan selama menekuni ini?
Sangat banyak, gini ketika Anda jalan berdua dengan seorang seniman dan melewati seekor ayam dan seekor kambing dan ketika berhenti dan ditanya seseorang dimana letak siku kaki ayam dan apa warna hidung si kambing, saya yakin anda kembali ketempat ayam dan kambing tadi untuk tahu jawabanya tapi bagi seniman (terutama lukis/gambar) dengan cepat dia menjawab. Itu artinya jiwa seni menjadikan kita seorang yang jeli dan teliti melihat sekitar karena dari alat visual seorang seniman (mata) akan tertransformasi ke media visual (kanvas dan kertas) yang lain menjadikan orang yang melihatnya berkata iya…ya bahkan tak sedikit yang kagum,bisanya sejeli itu ya…”

Apa motivasi Anda dalam melakukan hobi ini serta pelajaran apa yang bisa didapatkan?
Motivasi saya menekuni ini agar orang-orang lebih menyukai dunia seni artinya makin banyak orang mencintai alam
sekitarnya dan peduli terhadap sesamanya.bukankah seni itu indah dan damai.

 

Share.

Comments are closed.