Published On: Fri, May 24th, 2013

Membangun Kekompakan Melalui Berbagai Permainan

Beban kerja, masalah atau tugas – tugas yang menumpuk memang seringkali membuat orang menjadi stres atau depresi. Tetapi sebenarnya semua itu bisa diatasi, asalkan bisa bersikap tenang dan tidak gegabah. Salah satu cara terbaik untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam sebuah perusahaan adalah dengan cara mengukur sejauh mana kerjasama team dapat di implementasikan oleh setiap unit usaha melalui outbond yang didalamnya penuh dengan edukasi.

Batulicin, Outbond, Jhonlin Group

Pelatihan yang diadakan oleh S.H.E Jhonlin Group mulai dari 11 Februari – 1 Maret 2013 yang mengikutsertakan perwakilan masing – masing unit usaha ternyata memiliki kesan tersendiri bagi para peserta training. Dimana selama beberapa hari mereka melakukan Inhouse training berbagai materi mengenai K3LH. Selain in-house training panitia penyelenggara juga menyiapkan materi team building ( outbond ) disekitar gedung Jhonlin Group yang bertempat di Jalan poros Serongga. Outbond yang diikuti oleh perwakilan karyawan Jhonlin Group diisi dengan berbagai pemainan untuk melatih karyawan berorganisasi, bekerja sama, membentuk tim kerja yang kuat dan loyalitas.
Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 – 16.00 WITA dan dibagi 2 team yakni team Banteng dan team Badak, para peseta yang ikut mulai dari level General Manager sampai dengan staff. Memanfaatkan lokasi yang ada disekitar kantor pusat Jhonlin Group serta peralatan yang sederhana, para peseta cukup antusias terlihat beberapa dari mereka yang terjatuh dan saling tertawa saat melakukan games yang telah disiapkan.

Batulicin, Outbond, Jhonlin Group

Menurut Yudhi, salah satu panitia penyelenggara, “Team building ini digelar untuk menguji kerja sama dan kekompakan melalui berbagai permainan. Seperti Basic Safety Trust, Safety Fight Tank, Inspection Pipe, Fatique Spider We, Responsibility Pipe Ball, Sispal Eight Compartement, P.A.K Block Paving, Reporting Hook, First Aider Back Carpet dan beberapa permainan lainnya. Sejumlah permainan pun digelar dengan nuansa bergembira dan penuh antusia dari setiap peserta. Kegiatan seperti ini sangat perlu buat menyegarkan suasana sekaligus mengusir penat dari rutinitas pekerjaan serta memaksimalkan kreativitas karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Ditambahkannya team building ini mengajarkan bagaimana mencapai tujuan dengan cara melakukan berbagai macam strategi, sehingga apabila ada strategi yang tidak berhasil, maka perlu dilakukan perubahan agar tujuan dapat tercapai. Para peserta harus mempunyai semangat kerja dalam rangka mencapai tujuan perusahaan”.

Batulicin, Outbond, Jhonlin Group
Pada kesempatan yang sama salah satu peserta Junjung H Putro dari PT. Batulicin Beton Asphalt mengungkapkan, “Ini menyenangkan, disini kami bukan hanya diperkenalkan sulitnya menempuh medan atau tantangan yang dipersiapkan, tapi meningkatkan kualitas interaksi, komunikasi, keakraban, kebersamaan dan kesadaran kerjasama serta menumbuhkan keberanian, rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan pekerjaan.