Penyuluhan Pencegahan Covid-19 Perumahan Jhonlin Indah


Meningkatnya penularan virus Covid-19 di Indonesia, khususnya wilayah Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan mengindikasikan potensi penularan masih terus berlangsung.

Menyikapi hal tersebut, Satgas Covid-19 Jhonlin Group (JG) bersama Tim Penyuluh mengadakan sosialisasi serta mengedukasi masyarakat perumahan Jhonlin Indah bagaimana cara mencegah penularan Virus Corona, Minggu 7 Juni 2020 sejak pukul 08.00 Wita .

Menurut, Adrizal Anggota Komite Satgas Covid-19 Jhonlin Group, “Kegiatan penyuluhan dan edukasi ini merupakan upaya Satgas Covid-19 JG dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan perumahan Jhonlin. Kegiatan kami lakukan sesuai dengan protokol kesehatan, kami tetap mematuhi imbauan pemerintah dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak mengumpulkan massa dalam jumlah banyak sehingga kegiatan dilakukan dimasing-masing gang dan dipimpin langsung oleh tim penyuluh yang telah kita bentuk.”

Tambahnya, “Ketakutan akan wabah ini merupakan hal yang wajar. Kuncinya adalah bagaimana kita bisa mengelola hal tersebut sehingga tidak berujung depresi yang berakibat menurunnya kondisi dan daya tahan tubuh. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk selalu berpikir positif dan melakukan hal-hal yang produktif. Kami berharap setelah kegiatan ini, warga lebih waspada dan mematuhi segala himbauan yang telah disampaikan sehingga kita bisa bersama-sama melakukan pencegahan penularan covid-19 disekitar kita” jelas Adrizal.

Ali Aris dari Komite Perumahan Jhonin Indah menambahkan, “Kami harapakan kerjasama masyarakat dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 disekitar kita. Ingat, lebih baik berbuat sesuatu walau sederhana daripada hanya diam terhadap keadaan. Semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat buat kita semua. Tetap semangat, patuhi  himbauan dan berdoa agar kita senantiasa diberi kesehatan.”

Salah satu Tim Penyuluh, Aliansyah dari SHE Jhonlin Group menyampaikan “Kegiatan seperti ini perlu dilakukan, agar masyarakat tidak panik. Perlu adanya pemahaman kepada seluruh masyarakat khususnya warga perumahan Jhonlin Indah, bahwa penyakit ini berbahaya tetapi tidak serta merta menjadikan kita bertindak semaunya apalagi mengabaikan himbauan yang telah disampaikan.”

Mewakili warga perumahan Jhonlin Indah di type 45, Sumarni menyampaikan “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, disamping dilakukan penyuluhan terkait himbauan pencegahan covid-19. Kami juga dapat bersilahturahim dengan warga lainnya. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa beraktifitas kembali seperti biasanya terutama anak-anak dapat bersekolah kembali.” Harap Sumarni.

Pelaksaan penyuluhan ini diikuti lebih dari 1000 warga di perumahan Jhonlin Indah yang terdiri dari perumahan Jhonlin type 45, 50, 70 dan 100 secara serentak dimasing-masing gang.

Penyuluhan dilakukan di masing-masing gang perumahan Jhonlin Indah dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan seperti jaga jarak aman dan menggunakan masker.

Selain memberikan edukasi dan sosialisasi terkait pencegahan penularan Covid-19, Satgas Covid-19 JG bersama Tim Penyuluh membagikan susu kepada warga kemudian dilanjutkan dengan berjemur di depan rumah masing-masing.