Perayaan Bulan K3 Nasional 2015 JHONLIN GROUP

Budaya K3 menjadi bagian integral dan revolusi mental dalam pembangunan nasional yang harus dikembangkan oleh semua   pihak.Perayaannya pun diwarnai semangat dan harapan baru untuk keselamatan dan kesehatan kerja yang lebih meningkat.

030415_news_jhonlin_group_01
Ragam kegiatan dalam peringatan K3 Nasional telah diikuti oleh karyawan all unit Jhonlin Group dengan lancar dan sukacita. Bulan K3 sendiri diperingati sebagai bentuk dari program pemerintah dalam mencanangkan budaya selamat dan sehat dalam melakukan pekerjaan di berbagai aspek. K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan disamping perlindungan pengupahan, jaminan sosial, kebebasan berserikat, hubungan kerja dan lainnya serta merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai pada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Abdul Haris, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tanah Bumbu dalam upacara peringatan bulan K3 yang dilaksanakan di 3 tempat yakni PT.Jhonlin Baratama site Sungai Dua 28 Januari, PT. Jhonlin Baratama site Sungai Danau 29 Januari dan Kantor Jhonlin Group 4 Februari. Mengambil tema pokok “Melalui Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) Kita Wujudkan Indonesia Berbudaya K3 dalam Menghadapi Perdagangan Bebas” , ada berbagai hal yang disampaikan oleh instruktur upacara. Sutarno, Direktur Operasional PT. Jhonlin Baratama yang mewakili Fahrial, Direktur Utama PT. Jhonlin Baratama berujar agar dalam peringatan bulan K3 ini dapat kembali menyegarkan semangat dan motivasi dalam penerapan K3 di area kerja kita agar dapat mencegah resiko bahaya.

Sementara itu Umar Hadi, Kepala Teknik Pertambangan PT.Arutmin Indonesia yang menjadi instruktur upacara di Sit Sungai Dua menyampaikan bahwa pelaksanaan K3 membutuhkan dorongan semua pihak untuk mengoptimalisasikannya di lapangan. Jika semua berperan aktif dalam pelaksanaan K3, maka kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, biaya-biaya yang tidak perlu akibat kasus-kasus tersebut dapat dihindari sehingga dapat tercapai suasana kerja yang aman, nyaman, sehat dan tercipta produktivitas. Menanggapi kemeriahan perayaan K3 tahun 2015, Rully Rozano selaku Group Corporate S.H.E Jhonlin Group mengatakan semoga K3 bisa lebih baik lagi di semua unit usaha dan orang lebih peduli dengan K3 sebab dengan banyak orang  yang paham dan peduli dengan keselamatan kesehatan kerja angka kecelakaan dapat diminimalisir. Harapan ini pun diamini oleh tim S.H.E Jhonlin Group yang telah bekerja keras untuk melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan bulan K3.

Selesainya mengikuti jalannya upacara, para peserta disuguhi oleh penampilan simulasi di site masing-masing. Di Site Sungai Dua, pertunjukan simulasi Pemeriksaan Perawatan Harian (P2H) yang dioperasikan oleh 6 operator alat berat PT. Jhonlin Baratama. Sedangkan di kantor Jhonlin Group, tim Emergency Response Team (ERT) menampilkan simulasi vertical rescue yang cukup menegangkan karena kita diperlihatkan tahapan tim dalam menolong korban di ketinggian tower.Bulan K3 tidak hanya dirayakan dengan pelaksanaan upacara saja, tapi juga berbagai pertandingan olahraga yang merekatkan silaturahmi antar karyawan dan juga donor darah yang bekerjasama dengan beberapa instansi.

Rangkaian Kegiatan Bulan K3 Nasional 2015
Pingpong Tournament
030415_news_jhonlin_group_13
030415_news_jhonlin_group_16
Serunya pertandingan yang berlangsung 27-29 Januari di Lobby Kantor Jhonlin Group sangat terasa dari dukungan yang diteriakkan penonton kepada jagoannya masing-masing. Sebanyak 89 peserta partai tunggal dan 43 peserta partai ganda dari all unit Jhonlin Group mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk unggul dalam pertandingan ini. Akhirnya selama 3 hari turnamen berlangsung mengeluarkan juara-juara yang berhak membawa piala dan uang tunai pembinaan.Partai tunggal dimenangkan oleh Adi Latansi PT. Jhonlin Marine Trans (juara I) , Sareh PT. Jhonlin Marine Trans (juaraII), dr. Anwarusyamsi S.H.E Jhonlin Group (juara III) .Sementara itu partai ganda diungguli oleh pasangan Firmansyah/Badaruddin Sawmill Jhonlin Group (juara I),Dardiansyah/Sumandyo Sawmill Jhonlin Group (juara II),Eko/Mislan Brimob Tanah Bumbu (juara III) .

Donor Darah
030415_news_jhonlin_group_14
030415_news_jhonlin_group_15
Diadakan 29 Januari mulai pukul 08.00 di Klinik Zam-Zam.Antusiasme calon pendonor yang memadati klinik sangat banyak hingga kantong darah yang hanya tersedia 250 harus ditambah beberapa kantong. Donor darah ini ternyata tidak hanya sekedar merayakan bulan K3 Nasional saja, tapi juga hari Pabean Internasional ke-63 dan Pemberdayaan Masyarakat oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Tanah Bumbu. Hal ini dibenarkan oleh Mohammad Fachruddin, Kepala Bea dan Cukai Kotabaru yang mengatakan jika pihak pabean memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan yakni ingin membantu masyarakat dalam pengadaan kantong darah untuk yang membutuhkan sekaligus mensosialisasikan manfaat dari donor darah.dr Mulyadi, ketua IDI Kabupaten Tanah Bumbu menjelaskan bahwa donor darah baik bagi tubuh dan kesehatan. Karena donor darah dapat menjadi awal pemeriksaan penyakit dalam tubuh yang belum kita ketahui. Lewat pemeriksaan darah yang dilakukan sebelum donor itulah penyakit tersembunyi dapat diketahui.

Pertandingan Badminton
030415_news_jhonlin_group_17
030415_news_jhonlin_group_19
Keramaian lainnya datang dari pertandingan badminton yang diselenggarakan mulai 29 Januari-2 Februari di GOR Kartika. Sebanyak 18 regu adu kemampuan melakukan smash untuk mengalahkan musuhnya. Setelah melalui babak, akhirnya hanya ada beberapa regu yang memperebutkan posisi terbaik. Mereka yang berhasil membawa piala dan uang pembinaan yaitu PT. Jhonlin Agromandiri (juara I), PT. Jhonlin Baratama (juara II), Jhonlin Group (juara III) dan juara keempat diraih oleh PT. Jhonlin Sasangga Banua.

Senam sehat
030415_news_jhonlin_group_18
030415_news_jhonlin_group_20
Peringatan bulan K3 tidak hanya dirayakan oleh karyawan Jhonlin Group saja, tapi juga masyarakat Tanah Bumbu melalui acara senam sehat yang diselenggarakan oleh S.H.E Jhonlin Group. Dipimpin oleh 2 instruktur, senam yang diadakan tanggal 1 Februari di depan Jhonlin Fitness Centre ini berlangsung ramai. Masyarakat dengan semangat mengikuti alunan musik dan gerakan yang dicontohkan oleh sang instruktur. Senam ini juga bertujuan untuk membiasakan masyarakat bergaya hidup sehat dengan olahraga. Di akhir acara, para peserta mendapatkan doorprize sesuai dengan nomer undian yang telah dibagikan panitia ketika senam berlangsung.

House Keeping
030415_news_jhonlin_group_21
Kebersihan masing-masing unit pun turut dilombakan dalam house keeping. Penilaian didasarkan paa 5R (Ringkas, Resik, Rawat, Rapi, Rajin) yang mengacu pada prinsip 5S Jepang (Seiri, Seiton, Seisou, Seiketsu, Shitsuke). Pemenang dalam lomba ini dilihat dari kebersihan ruangan, penataan ruangan, halaman, kebersihan kamar mandi, pengelolaan sampah, penataan ruangan, penataan halaman, pengelolaan sampah, penataan ruang tamu, kreasi inovasi dan lain-lain. Juara pertama dalam perlombaan ini diraih oleh Finance PT. Jhonlin Baratama yang penerimaan pialanya diwakilkan oleh Ilham Rusydi. Sedangkan Finance Jhonlin Group berdiri di juara kedua dan Jhonlin Radio menjadi juara ketiga.

Tarik Tambang
030415_news_jhonlin_group_22
030415_news_jhonlin_group_25
Lomba ini menjadi penutup rangkaian acara peringatan bulan K3 2015. Acara yang berlangsung setelah upacara bulan K3 di kantor Jhonlin Group ini begitu meriah dan semarak.Para peserta yang berasal dari all unit Jhonlin Group semangat mendaftarkan timnya untuk mengikuti tarik tambang. Tawa dan keringat bercampur jadi satu ketika mereka mulai menarik tali agar sang lawan kalah. Persaingan yang sengit akhirnya mengeluarkan juara-juara dari tim kuat yakni PT.Jhonlin Agromandiri (juara 1),Sawmill (juara 2),PT. Jhonlin Marine Trans(juara 3) dan Jhonlin Group unit gunung dan pulau (juara 4). Mereka juga mendapatkan piala dan uang tunai yang telah disiapkan panitia.

Penghargaan Bidang K3
030415_news_jhonlin_group_26
030415_news_jhonlin_group_23
Bulan K3 juga menjadi kesempatan untuk panitia penyelenggara memberikan penghargaan di bidang K3 yang memiliki komitmen tinggi akan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di area kerja masing-masing. Penghargaan ini memiliki sejumlah kriteria yang menentukan penilaian misalnya jumlah angka kecelakaan terendah dan non LTI, perilaku safety pekerja secara keseluruhan, penggunaan APD yang sesuai, penerapan SOP dalam melakukan pekerjaan dan lainnya. Jika karyawan atau unit usaha memenuhi poin-poin tersebut, maka ia akan diberi penghargaan dan diakui komitmennya dalam menjunjung budaya K3 di bidang kerjanya. Salah satunya penyerahan penghargaan dari PT. Arutmin Indonesia ke PT. Jhonlin Baratama Site Sungai Dua atas prestasinya selama 921.008 jam dengan 549 hari tanpa Lost Time Injury (LTI).Sedangkan LTI Site Sungai Danau berada di angka 1.959.957 jam.