PERBAIKAN JALAN DUSUN SUNGAI TAJUR DESA SUNGAI DUA,KECAMATAN SIMPANG EMPAT

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Upaya pengembangan infrastruktur terus dilakukan oleh Jhonlin Group untuk mempermudah kegiatan masyarakat, seperti perbaikan jalan pada salah satu desa di Kecamatan Simpang Empat.
jhonlin group
Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan oleh tim External Relations pada area operasional tambang Site Batulicin yaitu Desa Sungai Dua Kec. Simpang Empat lebih tepatnya RT. 10 Dusun Tajur, desa tersebut merupakan salah satu desa yang dekat dengan area pertambangan PT. Jhonlin Baratama yang kondisi infrastruktur jalannya masih kurang baik. Setelah melakukan inspeksi ke lapangan dan berkoordinasi dengan Kepala Desa Sungai Dua yaitu Bambang Hananto dan Miransyah selaku Sekretaris Desa Sungai Dua, tim External Relation mulai melakukan perbaikan jalan berupa pelebaran dan pengerasan jalan melalui penambahan material batu becross. Kegiatan ini sesuai dengan program Community Development Corporate Social Responsibility Jhonlin Group di bidang pengembangan infrastruktur yang telah disetujui oleh direksi.

Perbaikan jalan ini dilaksanakan oleh Departemen Infrastruktur PT. Jhonlin Baratama, 1 Desember 2014 yang dikoordinir oleh Rasikun, Supervisor Departemen Infrastruktur bersama masyarakat RT. 10, Dusun Sungai Tajur, aparat Desa Sungai Dua , serta tim External Relations Jhonlin Group. Perbaikan menggunakan alat berat 1 unit motor grader dan compactor untuk pelebaran dan pengerasan jalan. Sementara itu untuk material batu becroos, diambil dari lokasi penumpukkan material becroos PT. Jhonlin Pratama.

Perbaikan diawali dengan pengecekan lapisan tanah sub-grade atau tanah dasar. Tanah dasar adalah jalur tanah yang termasuk bagian dari jalan tanah dan terletak di bawah pengerasan jalan.Kekuatan serta keawetan pengerasan jalan tersebut sangat tergantung pada sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar. Oleh karena itu, dalam merencanakan pembuatan jalan baru harus diadakan pemeriksaan tanah yang teliti, terlebih di tempat-tempat yang dijadikan tanah dasar sebab fungsinya nanti untuk mendukung pengerasan jalan. Tapi lebih baik jika tanah dasar tersebut diambil beberapa contohnya untuk dikirimkan ke laboratorium penyelidikan tanah untuk di teliti terlebih dahulu.

Selesainya tahap tersebut, kemudian dilakukanlah perluasan serta pembersihan jalan sebelum proses pengerasan dan pemadatan jalan dimulai. Untuk pembuatan jalan, harus memiliki dimensi standar jalan angkut yakni 3 ½ kali lebar alat angkut terbesar yang ada. Konstruksi jalan umumnya harus memenuhi dua syarat yaitu harus cukup kuat menahan beban atau berat kendaraan diatasnya. Jika daya dukung jalan tidak kuat menahan beban (berat kendaraan), maka jalan akan mengalami penurunan dan pergeseran pada pengeras jalan maupun tanah dasar sehingga jalan akan bergelombang dan mengalami kerusakan. Permukaan jalan harus dapat menahan gesekan dari roda kendaraan, pengaruh air permukaan dan hujan. Pengerasan dan pemadatan jalan angkut dapat dilakukan setelah perataan dengan peralatan grader dan compactor.

jhonlin group
Dengan perbaikan jalan tersebut, diharapkan dapat memperlancar jalur transportasi bagi masyarakat RT. 10, dusun Sungai Tajur, desa Sungai Dua. Di wilayah yang letaknya sebelah selatan jalan menuju kantor PT. Jhonlin Baratama ini, mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai pembudidaya udang dan ikan bandeng. Maka dari itu, perbaikan ini tentu juga membantu pemasaran komoditas hasil panen tambak masyarakat serta mempermudah akses jalan bagi siswa sekolah dan para guru menuju ke SDN Sungai Tajur sehingga bisa lebih memacu semangat siswa dalam menuntut ilmu.

 

Share.

Comments are closed.