PT. Jhonlin Baratama; Connecting People to Nature

FacebookTwitterWhatsAppLine

Foto bersama

Kesibukan para karyawan PT. Jhonlin Baratama terlihat tak seperti biasanya di Pit Akasia, lahan pertambangan batubara di daerah Sungai Dua, Batulicin, Tanah Bumbu. Ada yang mempersiapkan protokoler acara, persiapan penyambutan tamu. Dan, yang menarik adalah ketika staff dari SHE PT. Jhonlin Baratama mempersiapkan beberapa bibit jenis tanaman yang nantinya akan dilakukan penanaman bersama di penghujung acara.

Acara yang dimaksud adalah; peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017, hari bersejarah yang diperingati di setiap tanggal 5 Juni tiap tahunnya. Tampak yang hadir di acara yang diadakan oleh SHE PT. Jhonlin Baratama ini adalah perwakilan dari Pemda Tanah Bumbu yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kementerian Lingkungan Hidup RI Sudarmono Paska. Pula dihadiri oleh karyawan PT. Jhonlin Baratama; Direktur Operasional Sutarno, Group SHE Jhonlin Group Rully Rozano, Kepala Teknik Tambang dari UD. Gajah Mada, PT. Arutmin Indonesia, PT. BCMP. Pula terlihat di acara itu, beberapa orang Manager PT. Jhonlin Baratama; Manager SHE PT. JB Efgar Elmar W Santos sekaligus sebagai Ketua HSE Indonesia regional Tanah Bumbu, Manager HR , Manager Fuel, Manager Mining Elliazar dan Ketua HSE Indonesia (DPW Kalsel) Safira Sahlan ST.MT. Tentunya juga dihadiri oleh perwakilan dari unit usaha yang tergabung dalam holding company Jhonlin Group.

Penyisipan tanaman anggrek oleh sutarno dir ops jb
Penyisipan tanaman anggrek oleh Sutarno direktur operasional PT. Jhonlin Baratama
Penanaman pohon oleh Muhammad Idrai Asistan 2 Bupati Tanbu
Penanaman pohon oleh Muhammad Idrai Asistan 2 Bupati Tanah Bumbu

Tahun ini, Hari Lingkungan Hidup Sedunia mengangkat tema “Connecting People to Nature”, secara harfiah menghubungkan manusia dengan alamnya. Tentunya dengan harapan agar manusia memiliki kepedulian terhadap alam dengan berbagai cara, “harapannya agar manusia dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan menumbuhkan rasa saling membutuhkan antara manusia dengan alam” ungkap Sutarno di sela acara. Sementara itu, KTT Arutmin menyampaikan secara spesifik “tantangan terbesar bagi kita adalah bukan hanya tentang menghijaukan atau melakukan penanaman kembali pohon-pohon yang telah mati, tapi bagaimana cara menambang (batubara)nya, apakah memperhatikan aspek lingkungan atau tidak?” paparnya ringkas.

Penanaman pohon oleh Rully Rozano Group SHE JG
Penanaman pohon oleh Rully Rozano Group SHE Jhonlin Group
Penyisipan tanaman anggrek oleh Drs Muhammad Idrai Asistan 2 Bupati Tanah Bumbu

Dipenghujung acara, seluruh peserta acara melakukan penanaman bibit tanaman yang terdiri dari berbagai jenis tanaman. Penanaman ini hanyalah simbolis, sebagai salah satu diantara bukti kepedulian perusahaan terhadap lingkungan alam.

PT. Jhonlin Baratama, unit usaha pertambangan di bawah naungan PT. Jhonlin Group, bekerja sama dengan PT. Arutmin Indonesia, K.U.D Gajah Mada, BCMP dan unit usaha Jhonlin Group lainnya, melaksanakan peringatan Hari Lingkungan Sedunia 2017, tanggal 24 Mei 2017 di Pit Akasia Sungai Dua, Batulicin, Tanah Bumbu. Kegiatan ini, diberi nama”Penyisipan Tanaman Lokal dan Anggrek Spesies di Area Paska Tambang”.

Penanaman pohon oleh Fahruzaini Dir Keuangan jb
Penanaman pohon oleh Fahruzaini Direktur Keuangan PT. Jhonlin Baratama
Penanaman pohon oleh Efgar Santos Manager SHE JG
Penanaman pohon oleh Efgar Welmar Santos Manager SHE PT. Jhonlin Baratama