Q/A Ilham Rusydi: Tentang Implementasi SAP di PT. ERA

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +
Ilham Rusydi

Ilham Rusydi

Ilham Rusydi merupakan salah satu Top Management di PT. Eshan Rimba Agro (PT. ERA), yang dipercaya sebagai Project Manager implementasi SAP.

PT. ERA adalah perusahaan induk yang menaungi beberapa perusahaan di bidang agro dan forestry yang tersebar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

SAP ( Application and Product in data processing) merupakan software ERP yang membantu perusahaan dalam merencanakan dan melakukan operasional kerja secara efektif dan efisien.

Tanggal 22 November 2016, PT. ERA melakukan Kick-Off Implementasi SAP, yang diadakan di ruang meeting PT. Jhonlin Group. Dihadiri oleh Top Management PT. ERA dan unit usaha yang tergabung dalam group agro dan forestry. Disela acara, JhonlinMagz sempat berbincang singkat bersama Ilham Abbas, terkait implementasi SAP di PT. ERA dan unit usahanya. Berikut bincang singkat kami:

Bisa ceritakan sedikit tentang kegiatan hari ini?

Hari ini dari group holding agro dan forestry dari PT. ERA mengadakan Kick-Off untuk implementasi sistem SAP dan tema acara ini adalah “Sinergi Integrasi Group Agro dan Forestry”. Tujuanya dari acara ini, kami ingin mengembangkan usaha dibidang agro dan forestry yang dinaungi oleh PT ESHAN RIMBA AGRO sebagai induknya. Ada perkembangan yang sangat luar biasa dari perolehan perusahaan, kami mendapat akuisisi beberapa perusahaan, dengan adanya perusahaan-perusahaan ini kami membutuhkan penyatuan dan penyeregaman system kerja. Dengan adanya implementasi SAP ini kita mempunyai keseragaman bisnis.

Berapa perusahaan yang bergabung dalam group agro and forestry ini? Yang dinaungi oleh PT. ERA.

Total perusahaan saat ini terbagi bidang forestry ada 4 perusahaan dan mungkin akan ada lagiditahun depan, untuk agro sendiri ada 8 perusahaan dan akan ada tambahan lagi. Dan lokasi perusahaannya pun tidak hanya di Kalimantan Selatan saja, tetapi ada juga di Kalimantan Tengah.

Bagaimana upaya yang ditempuh demi berhasilnya implementasi SAP ini?

Implementasi SAP ini berbiaya yang cukup besar, sehingga untuk bisa berhasil maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang pertama adalah adanya komitmen dari manajemen, makanya di acara ini ada penandatanganan pernyataan komitmen manajemen, terus yang kedua  mengenai perubahan manajemen, jadi kami harapkan dari mulai dari General Manager ke bawah sampai dengan pelaksana harian, diharapkan bisa berubah pola pikirnya, bahwa sekarang semuanya dilakukan secara automasi, sehingga diharapkan bahwa untuk level Manajemen Menengah nya, mulai dari Mandor bisa memanfaatkan juga sistem SAP ini, dan tidak menjadi beban bahkan menjadi suatu alat bantu kerja bagi manajemen.

Harapannya ke depan seperti apa?

Kalau kita lihat dari sisi investasi yang cukup besar ini, kami harapkan bahwa investasi yang sudah dilakukan tidak sia sia, kemudian yang kedua, pertumbuhan dari sisi luasan tanah bisa dikendalikan, dalam arti ter-arah dengan dibantu sistem SAP ini, karena itu kami harapkan dari semua pihak bisa mendukung sistem SAP ini.

 

Share.

Comments are closed.