Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks Memperingati Hari Kanker Se-Dunia

FacebookTwitterWhatsAppLine

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniMemperingati Hari Kanker Se-Dunia setiap 4 Februari,  RS Marina Permata bekerjasama dengan Jhonlin Group melaksanakan Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks dengan mengusung tema ‘Bersama Kita Bisa’ di Aula RS Marina Permata Senin, 27 Maret 2017.

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniPukul 13.00 Wita tamu undangan sudah memenuhi aula RS Marina Permata, tak ketinggalan juga Wakil Bupati Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan Kab. Tanah Bumbu, Ibu PKK Tanah Bumbu, Ibu Bhayangkari, Ibu Persit serta Jajaran Manajemen RS Marina Permata dan Jhonlin Group, beberapa Cancer Survivor dan masyarakat sekitar.

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniKegiatan diawali dengan sambutan Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS Marina Permata, dr. Siti Aisyah MARS. “We can, I can”, begitu ujar Wadir RS Marina Permata sebagai pembuka acara seminar. Slogan ini seringkali diserukan, namun sayang pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak mengindahkan slogan ini. Beliau juga menghimbau pentingnya menjaga diri agar terhindar dari kanker serviks dengan menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya. Selain itu, penting juga untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan (deteksi) dini kanker sebagai bagian dari pencegahan. Semoga kegiatan hari ini dapat menjadi edukasi bagi kita untuk melindungi diri kita terlebih lagi masyarakat Tanah Bumbu pada umumnya.”

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniDikesempatan yang sama Wakil Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor juga berpesan “Guna lebih memotivasi dan menggerakkan masyarakat agar meningkatkan kepedulian terhadap penderita kanker. Upaya mencegahnya sejak dini sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan memberikan pemahaman seputar kanker yang bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat akan bahaya serta bagaimana pencegahannya sedini mungkin.“

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniJhonlin Group sebagai sponsor utama pada kegiatan tersebut melalui perwakilannya Bpk. Andi Rudi selaku Group ExternalRelationManager juga menyampaikan pada sambutannya “ Kami dari Jhonlin Group mengapresiasi kepada manajemen RS. Marina Permata karena telah menjadi inisiator dalam pelaksanaan kegiatan seminar deteksi dini kanker serviks dalam rangka memperingati hari kanker sedunia, tentunya kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung program pemerintah daerah yaitu tridarma pembangunan di bidang kesehatan. Kami berharap kegiatan sosial yang di selenggarakan oleh Rs. Marina Permata ini dapat membantu mengedukasi masyarakat akan bahaya dan cara deteksi dini kanker serviks, diharapkan kedepannya kegiatan ini dapat di laksanakan di setiap kecamatan yang berada dalam wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dengan melibatkan stakeholders yang ada di tanah bumbu sehingga nantinya angka kejadian kanker serviks dapat menurun sehingga terciptanya masyarakat Tanah Bumbu yang lebih sehat “

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniJhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniSetelah sambutan dilanjutkan dengan Sharing Cancer Survivor bersama Ibu Warina salah satu cancer survivor yang telah berobat kemana-mana bahkan melakukan kemo terapi beberapa kali akibat penyakit yang dideritanya. Begitu juga dengan I Ketut Weta dari Desa Harapan Maju Kec. Karang Bintang yang sudah hampir 8 tahun hidup dengan penyakit yang di deritanya. Selama 10 menit lebih keduanya saling bergantian menceritakan pengalamannya selama menjalani proses penyembuhan atas penyakit yang di derita masing-masing.

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniTidak hanya itu saja tamu undangan juga diberikan pemahaman seputar bagaimana cara mendeteksi sejak dini kanker serviks oleh dr. Anna Ismiana Sp.Og . Seperti yang dikemukakan, “Kesadaran akan pentingnya deteksi dini kanker serviks (pap smear) masih rendah. Padahal kanker serviks hingga saat ini menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi kaum perempuan. Kanker serviks atau yang disebut juga kanker mulut rahim merupakan keganasan pada perempuan terbesar ke-dua di Indonesia setelah kanker payudara,”

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniMenurutnya, “Faktor penyebab kanker serviks adalah dari virus umum yaitu Human Papilomavirus. Virus ini menginfeksi bagian kemaluan yang akhirnya menjadi kanker serviks dan kutil kelamin. Faktor resiko kanker serviks adalah multi partner, infeksi virus HPV, merokok, dan berhubungan seksual sejak usia muda. Gejala kanker srviks ditandai dengan keputihan berbau busuk, perdarahan kontak, gejala akibat komplikasi.Oleh karena itu dengan melakukan pencegahan menjadi cara lebih baik untuk terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus HPV. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan deteksi dini kanker serviks (pap smear), konsultasi berkala dengan dokter dan vaksinasi. Sebenarnya penyebaran informasi tentang kanker serviks sudah sering dilakukan diberbagai kegiatan namun masih saja banyak yang belum memiliki informasi yang tepat terhadap pencegahan dan penangananya.”

Jhonlin Group, RS Marina Permata, Seminar Kanker Serviks, Cegah Kanker Sejak DiniUsai penjelasan dari dr. Anna berikutnya giliran Annisa Fitria Amd.Gz  menyampaikan materi seputar asupan sehat untuk penderita kanker yang bertujuan untuk menunjang proses penyembuhan penderita penyakit. Materi yang dibawakan Annisa Fitria Amd.Gz menjadi penutup pelaksanaan seminar Deteksi Dini Kanker Serviks yang kali pertama dilaksanakan di RS Marina Permata. Sebagai penutup dilakukan ramah tamah tamu undangan sembari mendengarkan alunan musik accoustic yang dimainkan oleh Harmoni Band Tanah Bumbu.

 

 

RS Marina Permata Tanah Bumbu Telah Beroperasi
RS Marina Permata Memperingati Hari IBI ke-65 Dengan Menggelar Bazzar Pameran
Semua Orang Harus Tahu CPR!!!
Kelas Tumbuh Kembang Anak RS Marina Permata
RS Marina Permata: Deteksi Hipertensi Lebih Dini
Bakti Sosial Ramadhan 1437H Rumah Sakit Marina Permata