STUDY TOUR POLITEKNIK BANJARMASIN KE PT. Jhonlin Baratama Site Sudan

Bertitle kontraktor jasa pertambangan terkemuka, PT. Jhonlin Baratama menjadi tujuan praktek pembelajaran lapangan sejumlah mahasiswa sebagai bentuk penyerapan ilmu langsung bidang pertambangan.
jhonlin group
Rombongan mahasiswa tampak memadati unit area kerja Sungai Danau tanggal 17 Desember dan 23 Desember. Dengan disambut tim Engineering PT. Jhonlin Baratama dan tim S.H.E Jhonlin Group,mereka memasuki ruang meeting untuk menerima arahan sebelum memulai kegiatan di area pertambangan. Kala itu, mahasiswa dari Politeknik Banjarmasin memang sedang melakukan studi tour untuk lebih memahami bidang pertambangan lewat kegiatan praktek lapangan.

Sebelum terjun ke lapangan, mereka diberi materi seputar safety, health, environment serta engineering oleh tim engineering dan tim S.H.E selama sekitar 4 jam. Setelah itu barulah mereka menuju lapangan untuk mengetahui praktek tambang yang sebenarnya. Awalnya, para mahasiswa ini diajak melihat cara penggunaan mesin, lalu kemudian dijelaskan mengenai bidang pertambangan. Peserta studi tour sebenarnya berjumlah 60 orang. Mereka dibagi menjadi 2 gelombang dan melakukan kunjungan pada tanggal yang telah ditentukan di atas. Alasannya menurut Basma Arfei Pratama SF, General Admin S.H.E Jhonlin Group agar mereka dapat maksimal mendapatkan ilmu dan konsentrasi dengan penjelasan yang disampaikan oleh tim di PT. Jhonlin Baratama.

Politeknik Banjarmasin memilih PT. Jhonlin Baratama sebagai tujuan studi tour karena telah menjadi perusahaan kontraktor tambang yang terkenal dan tersertifikasi di Provinsi Kalimantan Selatan. Jarak yang tidak terlalu jauh juga menjadi keuntungan bagi mereka karena tidak perlu melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk menimba ilmu. Salah satu mahasiswa M. Tommy Maulidianto terkesan dengan sambutan PT. Jhonlin Baratama yang sangat baik dan memberikan

banyak ilmu di lapangan yang dapat dipelajari sehingga ia dan teman-teman mampu mendalami pelajaran yang telah diberikan di kampus dan literature buku yang mereka baca.Sementara itu Yunida Lashanida selaku Dosen yang mendampingi mereka dalam kunjungan juga menyatakan jika pihak kantor sangat baik dan terbuka dalam menerima ia dan anak didiknya. Ia berharap setelah kunjungannya ke PT. Jhonlin Baratama, anak didiknya dapat memperoleh pengalaman dan tambahan ilmu yang bermanfaat untuk ke depannya.