Published On: Sun, Jul 22nd, 2012

Waspadai Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Waspadai Infeksi Saluran Pernapasan Akut ISPA

ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Istilah ini di adaptasi dari bahasa  Inggris Acute Respiratory Infections (ARI). Penyakit ini menyerang bagian saluran pernapasan mulai dari hidung (saluran atas) hingga alveoli (saluran bawah) termasuk jaringan adneksanya seperti sinus, rongga telinga dan pleura.  Penyakit ini dapat menular melalui air ludah, darah, bersin, udara pernafasan yang mengandung kuman yang terhirup. Memasuki musim pancaroba, masyarakat mudah terjangkit  penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Cuaca yang panas dan kering, menyebabkan udara yang dihirup bercampur dengan debu, angin, kotoran dan kuman. Jika udara kotor kita hirup maka akan masuk ke tubuh dan menimbulkan infeksi.

Memasuki musim pancaroba, masyarakat harus dapat mewaspadai penyakit ini karena cuaca yang panas dan kering menyebabkan udara yang dihirup bercampur dengan debu, angin, kotoran dan kuman. Jika udara kotor  di hirup maka akan masuk ke tubuh dan menimbulkan infeksi. Daya tahan tubuh pun cenderung melemah ketika cuaca panas dan perubahan iklim yang ekstrim, sehingga membuat tubuh rentan terhadap penyakit. Adapun Indikasi awal terserangnya tubuh oleh penyakit pun ditandai dengan badan lemas dan terasa panas. Apabila keadaan tersebut terus dibiarkan tanpa adanya penanganan, dapat mengakibatkan terserangnya tubuh oleh berbagai penyakit. Panas dan debu pun menyebabkan munculnya penyakit lain, seperti pilek dan batuk yang cepat menular selain itu iklim panas juga berpotensi memunculkan penyakit lain, seperti diare dan berbagai penyakit yang menyerang saluran pencernaan.

Secara umum, efek pencemaran udara terhadap saluran pernafasan dapat menyebabkan pergerakan silia hidung menjadi lambat dan kaku bahkan dapat berhenti sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernafasan akibat iritasi oleh bahan pencemar. Produksi lendir akan meningkat sehingga menyebabkan penyempitan saluran pernafasan dan rusaknya sel pembunuh bakteri di saluran pernafasan. Akibat dari hal tersebut akan menyebabkan kesulitan bernafas sehingga benda asing tertarik dan bakteri lain tidak dapat dikeluarkan dari saluran pernafasan, hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi saluran pernafasan.

Oleh karena itu agar masyarakat terhindar dari penyakit ISPA mereka harus menjaga kebersihan dan daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terkena penyakit. Mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan dalam kondisi cuaca seperti ini agar terhindar dari penyakit radang, batuk, pilek, diare atau penyakit pencernaan. Selain banyak mengkonsumsi air putih, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi vitamin B kompleks, C, dan E. (oleh dr. Ronald Leonardo/ image:google.com)