Yayasan Jhonlin Group

Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari & Taman Kanak-kanak  Jhonlin Pertiwi

Jhonlin Group, LK Jhonlin Lestari, TK Jhonlin Pertiwi,Batulicin, Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, h isam
Jhonlin Group, perusahaan di bidang pertambangan yang kini telah berkembang pesat bersama unit-unit usaha yang kian menunjukkan eksistensinya di ranahmasing-masing. Kegemilangan Jhonlin Group dalam meraih sukses juga diiringi sisi kepedulian akan kelestarian alam dan sosial kemasyarakatan, karena kita harus menyadari bahwa alam telah banyak memberi kekayaan yang berlimpah dan juga sebagai sumber penghidupan. Maka dari itu sebagai pengguna alam yang berkelanjutan, kita wajib menjaga dan memelihara agar kebaikan alam kepada kita tidak hancur karena ulah kita yang tidak memanusiakan alam.

Untuk mewujudkan cita-cita di bidang alam dan kemasyarakatan, Jhonlin Group mendirikan yayasan yang semakin berkembang dari tahun ke tahun melalui program kerja dan kegiatan-kegiatannya, diantaranya Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari dan TK JhonlinPertiwi. Jhonlin Lestari bergerak dalam pelestarian dan pengkonservasian satwa seperti buaya dan rusa. Hingga tahun ini, berbagai rencana tengah disiapkan untuk membangun lembaga dan menambah aneka satwa untuk dilestarikan keberadaannya sedangkan TK Jhonlin Pertiwi berfokus mempersiapkan dan mendidik putra putri Kabupaten Tanah Bumbu menjadi generasi penerus bangsa yang dapat memajukan daerahnya kelak dengan sistem pengajaran aktif dan kreatif.

Lembaga Konservasi JHONLIN LESTARI

Jhonlin Group, LK Jhonlin Lestari, TK Jhonlin Pertiwi,Batulicin, Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, h isam
“ Dari alam, kembali ke alam dan selamatkan alam” inilah upaya yang dilakukan oleh Lembaga Konservasi flora dan fauna Jhonlin Lestari dalam mengelolah serta menjaga apa yang semestinya dipelihara.

Berbicara masalah kelestarian satwa tidak lepas dari yang namanya lembaga konservasi. Konservasi adalah pengelolaan atau pemeliharaan kualitas lingkungan, sumber daya, dan keseimbangan antar komponen di suatu lingkungan atau kawasan dengan menerapkan prinsip-prinsip ekologi dan berkelanjutan. Lembaga konservasi memiliki tanggung jawab penting dalam memelihara satwa. Satwa liar merupakan kekayaan alam yang perlu dijaga kelestariannya, melalui upaya konservasi yang dilaksanakan di dalam atau di luar habitat aslinya.Kelestarian satwa liar atau konservasi satwa liar dapat diusahakan dengan dua cara yaitu konservasi in-situ dan konservasi ex-situ, dan dalam hal ini penangkaran satwa liar termasuk ke dalam konservasi ek-situ dimana konservasi ek-situ berfungsi untuk mengembangbiakan tumbuhan maupun satwa dengan tetap menjaga kemurnian, jenis guna, menjamin kelestarian, keberadaan dan pemanfaatannya sebagaimana yang diatur dalam peraturan menteri kehutanan RI No : P.53/Menhut-II/2006. Selanjutnya di dalam PERMENHUT, dinyatakan bahwa yang termaksud di dalam lembaga konservasi jenis tumbuhan atau satwa liar adalah Kebun Binatang, Museum Zoologi, Taman Satwa dan Taman Satwa khusus, Pusat Latihan Satwa Khusus, Pusat Penyelamatan Satwa Khusus, Pusat Rehabilitasi Satwa, Museum Zoologi, Kebun Botani, Taman Tumbuhan Khusus dan Herbarium.

Ada beberapa alasan yang mendasari diperlukannya lembaga konservasi yakni sifat sebagian manusia yang tidak selaras dengan alam bisa menjadi suatu ancaman terhadap kelestarian satwa. Kondisi ini semakin diperburuk dengan masih lemahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian satwa liar dan habitatnya. Jika hal itu dibiarkan terus berlangsung maka akan semakin banyak jenis satwa liar yang akan benar-benar punah dari alam. Kepunahan satwa liar ini dapat memicu kerusakan alam lainnya, yang pada akhirnya berdampak negatif bagi kehidupan manusia.

Melalui upaya penyelamatan satwa dengan cara pengembangbiakan, lembaga konservasi Jhonlin Lestari merupakan salah satu dari beberapa pusat penyelamatan satwadi Indonesia yang diinisiasi dan didirikan sebagai implementasi dari program konservasi jenis tumbuhan atau satwa liar yang dilindungi undang-undang yang diamanatkan di dalam Undang-Undang No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.Dengan telah diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor : SK.729/Menhut- II/2011 tentang Pemberian Izin Sebagai Lembaga Konservasi Dalam Bentuk Taman Satwa KepadaYayasan Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan dengan luasan area sekitar 80 hektar, maka lembaga konservasi boleh secara legal memelihara dan mengembangbiakan satwa-satwa yang dilindungi dan menerima titipan atau limpahan satwa dari negara dalam hal ini BKSDA seluruh Indonesia ataupun sesama lembaga konservasi yang ada di Indonesia maupun mancanegara.

Bentuk Kepedulian Perusahaan Terhadap Lingkungan
030415_focus_jhonlin_lestari_05
Dalam menata dan menjaga kelestarian lingkungan berbagai hal telah dilakukan oleh Jhonlin Group diantaranya reklamasi lahan bekas tambang sebagaimana Peraturan Pemerintah, penghijauan pohon bakau dan mangrove Pulau Suwangi bersama anak-anak yatim piatu, penanggulangan limbah akibat kegiatan operasional pertambangan, pembangunan kawasan nursery dan pemeliharaan serta pengembangbiakan flora dan fauna di Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari.

Dengan adanya Lembaga Konservasi Flora dan Fauna Jhonlin Lestari dapat membuka pandangan baru dimana Tanah Bumbu yang dikenal dengan kegiatan pertambangan yang berakibat kerusakan lingkungan ternyata terdapat lembaga konservasi yang letaknya berada di bekas area tambang. Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, meskipun tidak dapat dipungkiri jika kegiatan pertambangan dapat mengubah ekosistem, namun dibalik itu ada upaya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya satwa melalui pelestarian satwa yang dilindungi dari berbagai wilayah di Indonesia khususnya khas Kalimantan Selatan yang dtitipkan di Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari.

Meskipun untuk saat ini aktivitas Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari hanya sebatas merawat satwa, dalam hal ini pemberian pakan, minum dan menjaga kebersihan kandang serta pemeriksanaan kesehatan satwa, namun sampai saat ini, Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari telah menerima dan merawat titipan satwa dari berbagai daerah diantaranya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan, BKSDA Jakarta, BKSDA Kalimantan Timur, Bala Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur dan Istana Bogor.Disamping itu juga Lembaga konservasi Jhonlin Lestari sudah berhasil mengembangbiakan satwa-satwa seperti buaya,dimana jumlahnya sudah hampir 200 ekor sejak tahun 2011 kemudian jenis burung yang sudah berhasil dikembangbiakan yakni 3 ekor Nuri Bayan. Jadi total satwa yang ada 427 hewan,(berdasarkan rekapitulasi data populasi semester II 2014).

Dalam pengembangannya Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari masih memerlukan banyak penataan baik dari sisi lokasinya maupun kandang satwa serta sumber daya manusia yang ada.Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi pada konservasi jenis tumbuhan maupun satwa liar serta habitatnya di Kalimantan Selatan dan konservasi keanekaragaman hayati di Indonesia pada umumnya. Seiring dengan perkembangan yang ada, Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari bermaksud untuk mewujudkan taman satwa yang lebih terarah dalam hal pengelolaan perlindungan satwa dengan mewujudkannya dalam bentuk kawasan taman satwa yang menyesuaikan dengan habitat sesungguhnya. Upaya ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam hal pelestarian flora dan fauna yang dilindungi.

Pengembangan Sumber Daya Manusia
030415_focus_jhonlin_lestari_02
Dalam menajalankan lembaga konservasi ini, Jhonlin Lestari berpedoman pada lima kesejahteraan satwa diantaranya bebas dari rasa lapar dan haus, bebas dari rasa sakit dan penyakit, bebas mengekspresikan seperti dia di habitat aslinya, bebas dari rasa takut dan tekanan kemudian bebas dari rasa ketidaknyamanan. Menjaga satwa langka agar populasinya tetap terlindungi di kawasan konservasi bukan perkara gampang, jika salah memulai maka sulit bagi lembaga manapun untuk menyelamatkan spesies langka yang ada. Perlu dilakukan pelatihan secara berkesinambungan untuk memaksimalkan peran zoo keeper melalui pengenalan pembinaan lembaga konservasi Jhonlin lestari serta meningkatkan peran medik konservasi satwa liar.

Disamping itu karyawan juga perlu mendapat informasi dan sosialisasi mengenai satwa liar dilindungi. Tanpa informasi ini,sulit bagi lembaga manapun untuk menyelamatkan populasi satwa. Jadi pemerintah dalam hal ini BKSDA perlu membuka lebar pintu kerja sama dengan para pihak, mengingat keterbatasan dan kekurangan pemerintah bisa ditutupi oleh kelebihan yang dimiliki lembaga lainnya. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan pembinaan lembaga konservasi khususnya seputar medik konservasi dan kesejahteraan satwa secara berkesinambungan seperti yang sebelumnya dilaksanakan Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari bersama BKSDA Kalsel dan tim Manggala Agni.

Pengembangan FLORA DAN FAUNA Di Tanah Bumbu
030415_focus_jhonlin_lestari_06
Kekayaan flora dan fauna di Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan yang melimpah ruah sedapat mungkin dipelihara sebagai bagian dari kekayaan sumber daya alam. Dalam hal ini dilakukan upaya konservasi sumber daya alam yang dilakukan Jhonlin Lestari meliputi pemeliharaan binatang langka yang dilindungi.Sebagaimana dengan tujuan didirikannya Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari yakni sebagai tempat pengembangbiakan atau penyelamatan tumbuhan dan satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya serta sebagai tempat pendidikan, peragaan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, sarana perlindungan dan pelestarian jenis serta sarana rekreasi yang sehat. Sesuai dengan visi Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari menjadikan taman satwa (Fauna) dan tumbuhan (Flora) Jhonlin Lestari sebagai lembaga konservasi bertaraf internasional dalam mempertahankan perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari flora dan fauna.

Beragam rencana kegiatan yang dilakukan Lembaga konservasi Jhonlin Lestari berdasarkan misinya yang tertuang dalam RKP (Rencana Karya Pengelolaan) diantaranya ;

 1. Konservasi meliputi pengembangbiakan/penyelamatan tumbuhan dan satwa dengan tetap mempertahankankemurnian jenisnya. Kemudian perlindungan dan pelestarian jenis flora maupun fauna serta modifikasi habitat mendekati kondisi alam aslinya.

2. Edukasi
– Memberikan informasi tentang berbagai kehidupan jenis satwa dan tumbuhan sebagai media pembelajaran dan pengetahuan.
– Memberikan informasi tentang sumber daya alam sebagai potensi kekayaan bangsa.
– Memberikan informasi tentang satwa dan tumbuhan yang terancam punah dan perlu upaya perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat.
– Meningkatkan peran serta dibidang pendidikan mulai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi (PT) dalam mengeksplor lingkungan flora dan fauna.
– Menyediakan dan meningkatkan fasilitas dalam pengembangan pendidikan mulai tingkat TK hingga ke Perguruan Tinggi dalam mengeksplor pengetahuan tentang lingkungan flora dan fauna.

3. Memberikan informasi tentang berbagai kehidupan jenis satwa dan tumbuhan sebagai media pembelajaran dan pengetahuan.

4 .Memberikan informasi tentang sumber daya alam sebagai potensi kekayaan bangsa.

5. Memberikan informasi tentang satwa dan tumbuhan yang terancam punah dan perlu upaya perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari sehingga  dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat.

6. Meningkatkan peran serta dibidang pendidikan mulai tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi (PT) dalam mengeksplor lingkungan flora dan fauna.di  Menyediakan dan meningkatkan fasilitas dalam pengembangan pendidikan mulai tingkat TK hingga ke Perguruan Tinggi dalam mengeksplor pengetahuan tentang lingkungan flora dan fauna.

7. Penelitian meliputi obyek lokasi atau penelitian bagi pelajar, mahasiswa, dan lembaga penelitian baik dalam negeri maupun luar negeri.

8. Pengembangan ilmu pengetahuan meliputi penangkaran satwa, budidaya tanaman dan pengembangan bahan obat dari satwa maupun tumbuhan.

9. Rekreasi dengan memberikan maupun menyediakan hiburan dan pengalaman yang mendidik dengan mengembangkan fasilitas-fasilitas serta pentas satwa yang atraktif, menarik, kreatif, inovatif dan bermuatan teknologi. Disamping itu senantiasa meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung yang prima (service excellence).

FOR YOUR INFORMATION
Pusat Penyelamatan Satwa

Tempat untuk melakukan kegiatan pemeliharaan satwa hasil sitaan atau temuan atau penyerahan dari masyarakat yang pengelolaannya bersifat sementara sebelum adanya penetapan penyaluran satwa (animal disposal) lebih lanjut oleh pemerintah.
Pusat latihan Satwa Khusus
Tempat melatih satwa khusus spesies gajah agar menjadi terampil sehingga dapat dimanfaatkan antara lain untuk kegiatan peragaan di dalam areal pusat latihan gajah,patroli pengamanan kawasan hutan, sumber satwa bagi lembaga konservasi lainnya dan membantu kegiatan kemanusiaan dan pendidikan.
Pusat Rehabilitasi Satwa
Tempat untuk melakukan proses rehabilitasi, adaptasi satwa dan pelepasliaran ke habitat alaminya.
Kebun Binatang
Tempat pemeliharaan satwa sekurang-kurangnya 3 kelas taksa pada areal dengan luasan sekurang-kurangnya 15 hektar dan pengunjung tidak menggunakan kendaraan bermotor (motor atau mobil).
Taman Safari
Tempat pemeliharaan satwa sekurang-kurangnya 3 kelas taksa pada areal terbuka dengan luasan sekurangkurangnya 50 hektar, yang bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan roda empat pribadi atau kendaraan roda empat yang disediakan pengelola yang aman dari jangkauan satwa
Taman Satwa
Tempat pemeliharaan satwa sekurang-kurangnya 2 kelas taksa pada areal dengan luasan sekurang-kurangnya 2 hektar.
Taman Satwa Khusus
tempat pemeliharaan jenis satwa tertentu atau kelas taksa satwa tertentu pada areal sekurang-kurangnya 2 hektar.
Museum Zoologi
Tempat koleksi berbagai spesimen satwa dalam keadaan mati, untuk kepentingan pendidikan dan penelitian.
Kebun Botani
Lokasi pemeliharaan berbagai jenis tumbuhan tertentu, untuk dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan,penelitian dan pengembangan bioteknologi, rekreasi dan budidaya
Taman Tumbuhan Khusus
Tempat pemeliharaan jenis tumbuhan liar tertentu atau kelas taksa tumbuhan liar tertentu, untuk kepentingan sebagai sumber cadangan genetik, pendidikan, budidaya, penelitian dan pengembangan bioteknologi.
Herbarium
Tempat koleksi berbagai spesimen tumbuhan dalam keadaan mati untuk kepentingan pendidikan dan  penelitian.

 

 APA KATA MEREKA?
030415_focus_jhonlin_lestari_19
Emmanuel Kriswandono
General Manager LK Jhonlin Lestari

Lembaga konservasi ini didirikan karena kepedulian Owner kita terhadap lingkungan. Jhonlin Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang tambang dimana hampir setiap dampak kegiatannya mengakibatkan perubahan kondisi lingkungan maupun satwa yang ada di dalamnya. Dengan adanya lembaga konservasi ini kita berusaha melakukan upaya untuk melestarikan lingkungan meskipun tidak dapat dipungkiri aktivitas pertambangan menggangu ekosistem yang ada.

Dengan luasan 80 Hektar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor :SK.729/Menhut-II/2011, di Lembaga konservasi Jhonlin Lestari telah memiliki banyak satwa dengan 5 kategori satwa diantaranya Aves atau burung-burungan, Primata seperti Orang utan, Uwa-uwa dan Monyet. Kemudian jenis mamalia seperti Beruang, Rusa Totol,dan Rusa Sambar sementara jenis Reptil seperti Buaya. Rencana ke depannya LK Jhonlin Lestari akan melakukan pengembangan ijin dengan luasan sekitar 560 hektar. Dengan bertambahnya luasan tersebut, nantinya sangat baik apalagi kalau dapat dimanfaatkan dengan pembangunan sarana dan prasarana kandang maupun pengunjung yang sesuai dan bermartabat sehingga membuat lembaga konservasi ini semakin ramai dikunjungi orangorang.Ke depan kita juga akan mengadakan pelatihanpelatihan, untuk meningkatkan kemampuan para zoo keeper khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan satwa.

030415_focus_jhonlin_lestari_20
Nikmat Hakim Pasaribu
Kepala Seksi Wilayah 3 Batulicin BKSDA Kalimantan Selatan

Keberadaan Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari merupakan upaya yang sangat baik dalam melestarikan flora maupun fauna. Ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah serta keberhasilan pemerintah dalam melibatkan perusahaan dalam melestarikan flora dan fauna. Terima kasih terhadap perusahaan Jhonlin Group melalui yayasan Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari, ini menunjukkan bahwa Jhonlin sangat peduli terhadap satwa khususnya satwa endemik Kalimantan Selatan. Hal ini merupakan bukti nyata Jhonlin Group yang menjalankan kegiatan usahanya dengan memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Kami berharap Lembaga konservasi Jhonlin Lestari dalam penataannya semakin lebih baik, bukan hanya dari sisi satwa tapi sarana dan prasarananya. Kita juga terus melakukan monitoring, pembinaan dan koordinasi dengan pihak Lembaga Konservasi dalam rangka pengembangannya. Ke depan lembaga konservasi Jhonlin Lestari dapat bergabung dengan PKBSI (Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia) karena dapat mempermudah para zoo keeper dalam pengembangan SDM serta pertukaran informasi seputar kelebihan populasi satwa sehingga dapat memudahkan pertukaran satwa. Saya selaku Pembina Kepala Seksi Wilayah 3 Batulicin BKSDA Kalsel berharap, karena ini lembaga konservasi yang pertama di Kalimantan Selatan, semoga dapat menjadi destinasi unggulan Kalimantan Selatan.

030415_focus_jhonlin_lestari_21
Rully Rozano
Direktur Lembaga Konsevasi Jhonlin Lestari

Meskipun baru memasuki tahun ke empat, dari tahun ke tahun koleksi satwa Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari semakin berkembang dan mendapat banyak tambahan dari berbagai BKSDA di beberapa daerah di Indonesia. Kita berupaya untuk mengembangbiakan satwa disini karena hewan-hewan yang ada merupakan satwa yang dilindungi.Untuk saat ini Lembaga konservasi Jhonlin Lestari banyak dikunjungi karyawan, masyarakat sekitar, siswa-siswa. Karena selain menjadi tempat liburan, ini juga sangat baik bagi siswasiswi untuk lebih mengenal satwa yang dilindungi dan mengetahui cara pemeliharaannya serta perkembangbiakannya.

Sesuai dengan yang ada di Rencana Karya Pengelolaan (RKP) yang berlaku untuk 30 tahun, nantinya lembaga konservasi ini akan dikembangkan sebagai pusat riset dan salah satu obyek wisata alam di Tanah Bumbu. Namun harapan tersebut tidak akan mendapatkan hasil seperti yang diharapkan tanpa dukungan pemerintah dan peran aktif dari segenap lapisan masyarakat demi meningkatkan pemantapan dan pengelolaan Lembaga konservasi Jhonlin Lestari sebagai dasar penyiapan pengelolaan flora dan fauna secara lestari. Diharapkan peran serta perusahaan tidak hanya sebatas untuk memberikan bantuan dalam bidang operasional pakan satwa, perlu dipikirkan bagaimana mengembang Lemabag konservasi Jhonlin Lestari sebagai suatu tempat pengembangan sarana dan prasarana satwa sendiri, fasilitas pengunjung, tempat rekreasi. Dengan seperti itu, semoga ini dapat memotivasi jajaran manajemen Jhonlin Group dalam pengembangan lembaga konservasi ini.

TK JHONLIN PERTIWI Mempersiapkan Generasi Berprestasi
030415_focus_jhonlin_lestari_07
TK Jhonlin Pertiwi membantu anak-anak dalam mengembangkan sikap, pengetahuan,keterampilan serta proses adaptasi dengan lingkungan untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan formal pertama yang diterima oleh anak usia prasekolah sebagai usaha untuk mengembangkan seluruh kepribadian anak dalam rangka menjembatani pendidikan dalam keluarga ke pendidikan sekolah. Taman Kanak-kanak bukan merupakan syarat untuk memasuki jenjang pendidikan dasar, akan tetapi merupakan upaya pengembangan sumber daya manusia, lembaga ini merupakan bagian yang sangat penting. Atas dasar itu maka peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan

Taman Kanak-kanak perlu terus dikembangkan.Mengingat besarnya peran Taman Kanak-kanak bagi pendidikan anak, maka dalam pembinaan penyelenggaraan pendidikannya mencakup segi-segi program kegiatan belajar,ketenangan, sarana dan prasarana maka didirikanlah Yayasan Taman Kanak-kanak (TK) Jhonlin Pertiwi. Yayasan ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam mengembangkan sikap, perilaku, pengetahuan, ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam proses adaptasi dengan lingkungan dan untuk pertumbukan dan perkembangannya. Program kegiatan belajar TK Jhonlin Pertiwi yang dimaksudkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap

perkembangan anak dan kesesuaian dengan lingkungan,kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan iptek serta kesenian dan yang terpenting TK Jhonlin Pertiwi mempersiapkan generasi berprestasi. Dalam menjalankan kegiatan belajarnya Yayasan TK Jhonlin Pertiwi didukung oleh Jhonlin Group dan unit usaha lainnya.

Mendidik Dengan Aktif Dan Kreatif
030415_focus_jhonlin_lestari_09
Pendidikan anak memerlukan pengelolaan, sesuai karakteristik dan situasi sosial yang kondusif untuk keberhasilan belajar anak. Sifat pembelajarannya yang kooperatif dengan sebagian kelompok kecil maupun besar, bertangung jawab,belajar menunggu giliran, bekerja tanpa mengganggu teman, membereskan alat, mengambil keputusan, memilih kegiatan, dan kesemuanya terjadi tanpa tekanan melainkan berjalan alamiah.Dengan dukungan tenaga pendidik yang sudah menguasai bidangnya maka akan meminimalisir adanya kendala dalam mendidik peserta didik yang umurnya bisa dibilang masih usia bermain tersebut.

030415_focus_jhonlin_lestari_10
TK Jhonlin Pertiwi dalam kegiatan belajar mengajarnya mengikuti kurikulum yang telah disiapkan Dinas Pendidikan ditambah dengan kurikulum sendiri yang tentunya mendidik anak-anak dengan aktif dan kreatif.

Kegiatan pembelajaran dari kurikulum Dinas Pendidikan di bidang pengembangan meliputi ;
1.Pembiasaan: Meliputi moral, nilai-nilai agama, sosial dan emosi kemandirian.
2.Berbahasa: Meliputi mengenal hurufdan mengeja.
3.Kognitif: Mengenal angka dan berhitung.
4.Fisik Motori; Menempel, melipat origami, bermain plastisin, bermain pasir, senam dan menganyam.
5.Seni; Mewarnai gambar, menggambar beba, menggunting,finger print, meronce dan       membatik.

Dengan Tema pelajaran selama 1 tahun dibagi menjadi:
Semester I
Meliputi diri sendiri, lingkunganku, kebutuhanku, binatang dan tanaman.
Semester II
Meliputi rekreasi, pekerjaan, air, udara dan api serta alat komunikasi.

Selain pembelajaran akademik, anak-anak TK Jhonlin Pertiwi juga mendapat bimbingan rohani seperti praktek shalat, baca tulis al’qur-an, dan menghafal surat-surat pendek, kemudian pengenalan bahasa inggris dengan mengikuti tema pelajaran dari Diknas dan mengadakan praktek di setiap tema pelajaran dengan tujuan anak lebih memahami serta melakukan kegiatan diluar kelas guna mengantisipasi kebosanan anak dalam belajar di kelas. Kegiatan diluar kelas seperti olahraga yang dilakukan seminggu sekali, terkadang mereka sambil belajar mengidentifikasi apa-apa yang mereka lihat saat mereka jalan-jalan di lingkungan sekitarnya.

Belajar Diluar Sekolah
030415_focus_jhonlin_lestari_11
Selain mengikuti kegiatan belajar di sekolah, murid-murid TK Jhonlin Pertiwi sejak dini
sudah diajarkan mengenal tempat-tempat umum seperti edukasi perbankan dengan
menabung langsung di bank, edukasi seputar alat komunikasi dengan berkunjung
ke kantor pos dan Jhonlin Radio, seputar rekreasi dengan mengunjungi water boom,mendidik anak-anak mengenal satwa sejak dini dengan mengunjungi Lembaga Konservasi Jhonlin Lestari kemudian bercocok tanam dengan pasir pantai di Agro wisata Pasir Hijau Pagatan.

Di samping mengenal tempat-tempat umum, mereka juga belajar langsung seperti menabung, menulis surat, bercocok tanam dan mengenal peralatan-peralatan radio di studio Jhonlin Radio. Menurut Kepala TK Jhonlin Pertiwi , Rini Yulia Setiawati SH “Pembelajaran di luar kelas bertujuan agar materi yang membutuhkan alat bantu dan data yang sempurna bisa benar-benar diajarkan dan bisa masuk dalam memori murid-murid TK Jhonlin Pertiwi. Pembelajaran diluar kelas dapat mengembangkan dan mengasah kemampuan anakanak, karena pembelajaran diluar kelas memberikan pemahaman baru kepada murid-murid pentang hal yang sama ketika diajarkan di dalam kelas yang hanya ada dalam teori.”

Kegiatan Sosial
030415_focus_jhonlin_lestari_14
T K Jhonlin Pertiwi terbilang baru namun kurikulum pembelajaran yang diberikan memiliki ragam kegiatan mendidik. Hal ini dilakukan guna meningkatkan daya cipta anak-anak dan memacunya untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan melalui pendekatan nilai budi bahasa, agama, sosial, emosional,fisik, motorik, kognitif, bahasa, seni, dan kemandirian. Semua dirancang sebagai upaya mengembangkan daya pikir dan peranan anak dalam hidupnya serta kegiatan belajarnya yang dikemas dalam model belajar sambil bermain.

Baik orang tua maupun guru selalu berharap agar anak mampu mencapai prestasi, tumbuh dan berkembang secara optimal. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama dan keterlibatan orang tua dalam kegiatan belajar dan bermain. Di TK Jhonlin Pertiwi, anak-anak diberi kesempatan untuk belajar dan bermain serta diajarkan mengenai saling berbagi dengan sesama melalui kegiatan sosial diantaranya:

1. Mengunjungi anak yatim 1x dalam setahun secara rutin,dengan cara bekerja sama dengan orang tua murid dan karyawan Jhonlin Group mengumpulkan sumbangan dari orang tua murid yang bersedia dengan sukarela baik berupa uang atau baju bekas/baru, makanan, buku dan lain-lainnya. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajarkan anak untuk saling berbagi, merasakan bahwa ada temantemannya yang tidak mempunyai orang tua, sehingga mereka mengerti arti bersyukur dan sayang pada orang tua serta mempererat silaturahmi.

2. Guru membagi pengalaman dengan guru TK di daerah yang lebih kurang dari TK kita, mengunjungi TK yang agak terpencil atau kurang memadai, dan mengajar disana membagi ilmu dengan guru lain, sehingga kita bisa saling berbagi dan belajar. Kegiatan seperti ini dilakukan setiap peringatan Hari Pendidikan, apabila memungkinkan juga memberi sumbangan nantinya berupa buku atau mainan.

Edukasi Fire & Rescue
030415_focus_jhonlin_lestari_16
Dalam mengisi tema pelajaran “Pekerjaan”, TK Jhonlin Pertiwi mengundang Jhonlin Fire Rescue tanggal 11 Februari untuk mengajarkan dan menjelaskan kepada anak-anak tentang profesi pemadam kebakaran. Anak-anak sangat senang dan antusias mendengarka pengarahan yang dilakukan oleh Rully Rozano dan tim Jhonlin Fire Rescue. Selain itu, untuk memudahkan anak-anak mengerti seputar profesi pemadam, tim memutarkan film animasi seputa pemadam kebakaran.Setelah itu, anak-anak diperkenalkan perlengkapan pemadam kebakaran seperti sepatu, baju dan helm. Rasa ingin tahu yang besar ditunjukkan dengan keinginan mereka untuk menyentuh peralatan tersebut dan memakainya.alam mengisi tema pelajaran “Pekerjaan”, TK Jhonlin Pertiwi mengundang Jhonlin Fire Rescue tanggal 11 Februari untuk mengajarkan dan menjelaskan kepada anak-anak tentang profesi  pemadam kebakaran. Anak-anak sangat senang dan antusias mendengarkan pengarahan yang dilakukan oleh Rully Rozano dan tim Jhonlin Fire Rescue. Selain itu, untuk memudahkan anak-anak mengerti seputar profesi pemadam, tim memutarkan film animasi seputar pemadam kebakaran.Setelah itu, anak-anak diperkenalkan perlengkapan pemadam kebakaran seperti sepatu, baju dan helm. Rasa ingin tahu yang besar ditunjukkan dengan keinginan mereka untuk menyentuh peralatan tersebut dan memakainya.

030415_focus_jhonlin_lestari_17
Beberapa menit kemudian sirine mobil pemadam kebakaran memecah kesunyian ruang kelas TK Jhonlin Pertiwi dan membuat anak-anak berhamburan keluar kelas menuju sumber suara. Anak-anak diberi kesempatan oleh tim Jhonlin Fire Rescue untuk menjadi pemadam kebakaran dengan melakukan simulasi pemadaman api kecil yang dipandu oleh tim Jhonlin Fire Rescue. Secara bergantian beberapa anak pun mencoba memegang selang air dan memadamkan api yang telah disiapkan. Kegembiraan mereka pun bertambah saat para murid diajak naik mobil pemadam kebakaran. Hal ini tentu menjadi pengalaman pertama yang tak terlupakan oleh mereka ketika besar nanti. Mobil pemadam tersebut membawa sekitar 6 anak dan berputar sebanyak 2 kali mengelilingi halaman TK Jhonlin Pertiwi yang cukup luas. Di akhir kegiatan, anak-anak berterima kasih kepada tim Jhonlin Fire Rescue karena telah memberi mereka ilmu bermanfaat dan berfoto bersama bunda TK Jhonlin Pertiwi.

Kepala sekolah TK Jhonlin Pertiwi, Rini Yulia Setiawati mengungkapkan bahwa dengan berkunjungnya Jhonlin Fire Rescue ke sekolah sangat membantu memberikan pemahaman dan pengetahuan baru bagi anak-anak, khususnya tentang profesi pemadam kebakaran, karena banyak anak-anak yang belum mengetahui profesi ini secara jelas. Manfaat dari edukasi ini adalah selain memperkenalkan jenis pekerjaan kepada anak-anak adalah menumbuhkan sisi sosial dan kemanusiaan pada anak-anak lewat profesi ini agar kelak mereka juga dapat membantu orang yang terkena musibah salah satunya kebakaran.

APA KATA MEREKA?
030415_focus_jhonlin_lestari_22
Rini Yulia Setiawati, SH
Kepala Sekolah TK Jhonlin Pertiwi

Semoga kedepannya Yayasan Jhonlin Pertiwi berkembang lebih baik lagi dan lebih maju terutama di bidang pendidikan. Akan berlanjut dengan jenjang yang lebih tinggi, adanya
tingkatan SD-SMP-SMA dan lain-lainnya sehingga Yayasan Jhonlin Pertiwi mempunyai wadah pendidikan yang lengkap di Tanah Bumbu dan menjadi sekolah yang dicari bagi masyarakat baik dari Tanah Bumbu sendiri ataupun dari luar Tanah Bumbu, karena kualitasnya yang mampu bersaing dengan sekolah yang ada di luar Tanah Bumbu. Karena potensi anak dan kesadaran orang tua sangat tinggi akan hal penddikan pada saat sekarang ini, bisa kita lihat dari banyaknya murid-murid Tanah Bumbu mencari pendidikan ke Jawa karena menginginkan dapat pendidikan yang berkualitas. Untuk itu kita harus menyiapkan SDM yang berkualitas, maka tenaga pendidik harus benar-benar yang punya potensi serta selalu mengikuti perkembangan pendidikan. Maka sangat-sangatlah perlu guru di beri pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kami berharap juga ke depan Yayasan Jhonlin Pertiwi dapat mempersiapkan generasi penerus berprestasi.

030415_focus_jhonlin_lestari_23
Dwi Ekawati
Orang Tua Murid TK. Jhonlin Pertiwi

Senang menyekolahkan anak saya di TK Jhonlin Pertiwi, kegiatan belajarnya dikemas dalam model belajar sambil bermain dimana proses pembelajarannya yang efektif, inovatif mendorong anak-anak untuk menggali potensi yang dimilikinya sehingga dapat dikembangkan secara maksimal guna meningkatkan daya cipta anak-anak serta memacunya untuk belajar mengenal berbagai macam ilmu pengetahuan. Disamping itu juga anak-anak diajarkan mandiri dan yang terpenting sejak kecil anak-anak sudah diajarkan mengenal tempat-tempat umum disekelilingnya bahkan langsung berinteraksi yang berfungsi mengembangkan daya pikirnya.

030415_focus_jhonlin_lestari_24
Rina
Orang Tua Murid TK Jhonlin Pertiwi

Keberadaan TK Jhonlin Pertiwi cukup bagus. Dukungan dari pihak luar dan perusahaan juga banyak karena memang TK ini bagus dari segi metode pembelajaran, pendekatan dan terbuka dengan orang tua murid jadi kami sebagai orang tua merasa aman dan tenang anak kami bersekolah di sini. Sejak anak saya sekolah di TK Jhonlin Pertiwi, yang awalnya anak saya pemalu sekarang jadi lebih bisa bersosialisasi dan bercerita. Jadi perkembangannya dia banyak semenjak bersekolah di sini. Harapannya ke depan TK Jhonlin Pertiwi bisa semakin baik dan berkembang agar dapat menghasilkan murid-murid yang kian berkualitas.

Baca juga :

Training Service Execelent PT. Jhonlin Sasangga Banua

Jhonlin Group Dukung Atlit Tanah Bumbu Ikuti Kejuaraan

Jhonlin Group Berpartisipasi Pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan

Bantuan Renovasi sekolah SMK Kodeco Simpang Empat Jhonlin Group

Partisipasi Jhonlin Group Pelaksanaan MTQ Ke XI Kecamatan Simpang empat Tahun 2014

Bantuan Dana Berprestasi Murid Sekolah Ditanah Bumbu Oleh Jhonlin Group