4WD Smart Driving Coaching Clinic 2017 PT. Jhonlin Baratama site Sungai Dua

jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety drivingKecelakaan kerja maupun kerusakan unit kerja yang terjadi diakibatkan karena pengemudi mengabaikan prosedur berkendara yang cerdas dan aman. Demi mencegah terjadinya hal tersebut PT. Jhonlin Baratama bersama Jo Motor serta PT. Sinar Berlian Motor menggelar 4WD Smart Driving Coaching Clinic di PT. Jhonlin Baratama site Sungai Dua, Rabu, 15 Februari 2017.

jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety drivingPukul 09.00 Wita kurang, peserta pelatihan dari berbagai departemen sudah berkumpul di ruang meeting PT. Jhonlin Baratama. Selama 4 jam lebih Momon S Maderoni, trainer sekaligus pendiri ISDC (Indonesia Smart Drive Consulting) memaparkan bagaimana cara mengemudi dengan baik dan aman serta bahaya bagi para pengemudi yang mengabaikan prosedur berkendara.

jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety drivingManager SHE PT. Jhonlin Baratama, Efgar Welmar S sebelum membuka secara resmi kegiatan menyampaikan  kepada peserta “Smart Driving Coaching Clinic ini rutin kami lakukan. Tidak hanya di site Sungai Dua bahkan di Sungai Danau maupun di Jhonlin Group  pernah kami lakukan. Perlu diketahui safety driving ini bukan sekedar fun tapi lebih kepada edukasi bagi pengemudi. Hal ini bertujuan agar karyawan khususnya para pengemudi lebih memahami prosedur berkendara di area kerja sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kerja yang berujung pada kerusakan unit kerja.”

jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety driving

jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety drivingSelain mendapatkan teori, peserta juga diberi kesempatan langsung mempraktekkan  cara mengemudi yang benar dan aman sesuai prosedur berkendara.
jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety driving

jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety driving

Jam menunjukkan Pukul 13.15 Wita peserta dibawah ke lokasi praktik untuk mempraktikkan cara mengemudi kendaraan dalam posisi turunan, tanjakan , jalan zig-zag maupun parit kemudian area lapangan dengan kemiringan 30-35 derajat terus tanjakan sekitar 45 derajat kemudian superbowl. Menurut Dian Hamdani dari ISDC “Pelatihan ini dapat meningkatkan kepedulian keselamatan berkendara dengan meningkatkan teknik berkendara aman diberbagai kondisi sehingga tidak membahayakan pengemudi lainnya.”

jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety drivingUsai penyerahan door prize bagi peserta pelatihan yang beruntung. Diakhir kegiatan Hamidi dari Fuel Departemen mewakili rekan-rekan lainnya menyampikan rasa terima kasih kepada manajemen perusahaan serta pihak penyelenggara pelatihan karena telah diberi kesempatan mengikuti pelatihan. Menurutnya, “Pada dasarnya kami semua bisa mengoperasikan unit, hanya saja beberapa dari kami mungkin belum mengetahui cara berkendara aman dan cerdas sesuai prosedur berkendara. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kondisi kendaraan serta membahayakan bagi pengemudinya.”
jholin group, PT.Jhonlin Baratama, Safety driving

Dikesempatan yang sama Momon S Maderoni meminta kepada peserta untuk mengingat bahkan merekam apa yang disampaikannya setiap kali hendak berkendara bahwa ‘berkendara adalah aktivitas yang membahayakan’. Kenapa kita sangat memerlukan coaching clinic agar pengemudi memahami sikap, perilaku aman saat berkendara, menggunakan kendaraan dengan bijaksana (sesuai kemampuan dan peruntukannya) kemudian lebih memahami prosedur berkendara serta berperan aktif dalam penerapan K3 di lingkungan kerja masing-masing.