GCO Jhonlin Group Paijan

Bekerja Harus Semangat, Loyal dan Bertanggung Jawab
jhonlin group
Merubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan tidaklah mudah serta membutuhkan kerja keras dan banyak pengorbanan, apalagi menyangkut pola pikir dari setiap orang. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan, karena tanpa itu semua tidak akan terjadi perubahan apa-apa. Perjuangan yang pantang menyerah menjadi bumbu dalam perjalanannya bersama Jhonlin Group hingga ia dapat mengelola Yayasan Jhonlin Group yang bergerak dalam bidang konservasi satwa dan pendidikan. Mensyukuri dan mengembangkan apa yang telah diraih menjadi ukuran sukses dari Group Corporate Operasional Jhonlin Group ini. Paijan atau yang akrab disapa Paklek tidaklah instan dalam merintis karir yang ia miliki saat ini. Pria kelahiran Madiun 4 Januari 1970 mengungkapkan semangat, loyal, bertanggung  jawab serta pengalaman merupakan guru nomor satu baginya.Ditemui disela-sela kesibukannya, ayah Alzena Putri Fauziani Pratama berbagi cerita dengan JhonlinMagz seputar yayasan Jhonlin Group dan perayaan bulan K3 nasional yang diadakan di Jhonlin Group.

Bagaimana kabarnya pak?
Sehat seperti sekarang ini.

Bisa diceritakan hal yang memotivasi bapak dalam bekerja dan menjadi sukses dalam pekerjaan?
Membahagiakan istri dan anak saya, kemudian tantangan di setiap pekerjaan yang diamanatkan kepada saya.

Kalau boleh tahu apa prinsip bapak dalam bekerja?
Saya selalu berusaha mengerjakan apa yang menjadi amanah untuk saya dengan bersungguh-sungguh, semangat dan penuh tanggung jawab. Menurut saya tiga hal yang harus dimiliki bagi seorang pekerja yakni, Semangat, Bertanggung jawab dan Loyalitas. Ini merupakan hal mendasar yang perlu diterapkan dalam setiap pekerjaan. Disamping itu, perlu dilakukan evaluasi secara terus menerus sehingga dengan mudah kita mengetahui kesalahan maupun kekurangan dari apa yang telah kita kerjakan.

Bagaimana menurut bapak perkembangan yayasan Jhonlin Group saat ini?
Makin berkembang dari tahun ke tahun, seperti yang kita liat  sekarang lembaga konservasi Jhonlin Lestari mendapat pelimpahan satwa atau titipan satwa dari berbagai BKSDA seluruh Indonesia maupun pusat penyelamatan satwa.Sementara TK Jhonlin Pertiwi dari tahun ke tahun fasilitas kelas dan muridnya semakin bertambah dan ini membuktikan yayasan Jhonlin group makin maju dan diminati masyarakat sekitar.

Bagaimana keterlibatan perusahaan dalam mengembangkan yayasan Jhonlin Group?
Saya selaku ketua yayasan TK Jhonlin Pertiwi dan lembaga konservasi Jhonlin lestari sangat senang karena disamping perusahaan bekerja dan memperkerjakan orang-orang sekitar,juga men-support kegiatan dari yayasan Jhonlin Group khususnya lembaga konservasi Jhonlin lestari dapat membantu pemerintah melestarikan satwa liar yang dilindungi khususnya di Kalimantan selatan. Sementara TK Jhonlin Pertiwi merupakan kepedulian perusahaan terhadap peningkatan pendidikan di Tanah Bumbu.

Bagaimana strategi pengembangan yayasan Jhonlin Group?
Strategi lembaga konservasi kita mengacu pada RKP (Rencana Karya Penglolaan) yang telah kita buat selama 30 tahun terhitung sejak 2011 dan setiap tahunnya kita lakukan evaluasi atau lebih dikenal RKT (Rencana Kerja Tahunan) dan RKL (Rencana Kerja Lima) tahun meskipun saat ini lembaga konservasi Jhonlin lestari sudah memasuki usia tahun ke empat. Sementara untuk TK Jhonlin Pertiwi,pengembangannya berdasarkan pengajuan dan kebutuhan sarana prasarana. Ke depan kita akan menambah kelas dan mengevaluasi TK Jhonlin Pertiwi selama 3 tahun terakhir ini  untuk dilakukan perbaikan supaya lebih baik lagi.

Apa target yayasan Jhonlin Group?
Target TK Jhonlin Pertiwi mendidik anak-anak generasi penerus Tanah Bumbu yang berkualitas. Sesuai visi sekolah TK Jhonlin Pertiwi menumbuhkan semangat dan mengupayakan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu sekaligus menanamkan nila-nilai agama dan moral serta membimbing anak untuk menggali potensi diri menjadi pribadi berkarakter. Sedangkan lembaga konservasi Jhonlin lestari berupaya untuk mewujudkan taman satwa yang lebih terarah dalam hal pengelolaan perlindungan satwa dengan mewujudkannya dalam bentuk taman satwa yang menyesuaikan dengan habitat aslinya. Sebagai tempat pengembangbiakkan atau penyelamatan tumbuhan dan satwa dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya serta sebagai tempat pendidikan peragaan penelitian,pengembangan Ilmu pengetahuan, sarana perlindungan serta sarana rekreasi yang sehat. Berdasarkan visinya lembaga konservasi Jhonlin lesatri dijadikan taman satwa dan tumbuhan sebagai lembaga konservasi bertaraf internasional dalam mempertahankan perlindungan pengawetan dan pemanfaatan secara lestari flora dan fauna.
030415_profile-01
Sekarang ini Jhonlin Group baru merayakan bulan K3, bagaimana menurut bapak?
Paijan : Kegiatannya sangat meriah dengan beragam kegiatan yang dilaksanakan dan melibatkan semua unit usaha Jhonlin Group.

Menurut bapak sebarapa pentingnya K3 dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan?
Paijan : Karena dengan adanya pemahaman K3 kita mengetahui tindakan tidak aman yang dilakukan saat bekerja sebaliknya kita juga mengetahui potensi bahaya di area kerja kita.

Bagaimana menurut bapak mengenai implementasi K3LH di Jhonlin Group?
Paijan : Ke depan semakin membaik , terlihat dari penerapan K3 di semua perusahaan Jhonlin Group. Angka kecelakaan berkurang, karyawan kita sudah sadar mengenai peraturan K3 ditambah kita sudah memiliki tim tanggap bencana/ERT.
jhonlin group
Bagaimana upaya managemen khususnya bapak dalam mengingatkan karyawan pentingnya berperilaku aman saat bekerja?
Saya selalu memperingatkan ke karyawan untuk lebih berhatihati karena jika tidak maka akan mencelakakan diri sendiri.Jadi perusahaan dalam hal ini SHE Jhonlin group bersama pengawas melakukan sosialisasi keselamatan kerja saat pelaksanaan safety talk di semua area kerja semua unit usaha Jhonlin group.

Apa saja strategi perbaikan berkelanjutan yang bapak siapkan untuk kelancaran perusahaan dalam hal ini K3LH di unit usaha yang bapak pimpin di tahun mendatang?
Yang pasti setiap saat kita melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan dan kekurangan agar dapat kita lakukan perbaikan kemudian membuat tata kelola prinsip-prinsip pelaksanaan K3LH di unit masing-masing berdasarkan bidang usahanya.

Harapannya bapak untuk Jhonlin Group dalam implementasi K3LH di tahun mendatang?
Semoga kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang sehat,aman dan selamat dengan mematuhi peraturan keselamatan kerja.

Apa arti keluarga menurut bapak?
Keluarga itu motivasi dan penyemangat saya dalam bekerja.

Bagaimana dukungan keluarga terhadap aktivitas bapak?
Keluarga selalu mendukung apa yang saya kerjakan dan yang pasti mereka selalu mendoakan saya dimanapun saya berada terlebih ketika saya bekerja.