IMPLEMENTASI K3LH DI UNIT USAHA JHONLIN GROUP

Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan instrumen yang memproteksi pekerja dan perusahaan dari bahaya akibat kecelakaan kerja.

Safety First, Jhonlin Group, Batulicin, Kalimantan Selatan, H Isam, h-isam
Aspek keselamatan dan kesehatan kerja menjadi perhatian utama manajemen Jhonlin Group. Karyawan diharapkan berangkat kerja tanpa rasa khawatir terhadap segala risiko yang menyangkut kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. Perusahaan berusaha menyedia-kan tempat kerja yang aman dan nyaman. Oleh karena itu, managemen juga mengharapkan kesadaran yang tinggi karyawan untuk meme-nuhi standar dan prosedur kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku.

Inilah yang coba dilakukan SHE Jhonlin Group, dengan mengadakan pelatihan yang melibatkan seluruh perwakilan unit usaha. Dimana selama masa pelatihan, secara bergan-tian dari tiap unit usaha mengikuti materi yang disiapkan oleh SHE Jhonlin Group, diantaranya Basic K3, Investigasi Kecelakaan, Bahaya Fatique, Pencemaran Air, Udara dan Tanah dan masih banyak lagi materi yang di-ajarkan.

Usai pelatihan K3LH yang dilakukan oleh SHE Jhonlin Group yang mengikutsertakan semua unit usaha. Perlahan-lahan disetiap unit usaha dilakukan penerapan K3 dari oleh safety representative dari beberapa unit usaha yang sama sekali tidak memiliki orang safety, seperti pemasangan rambu-rambu di area kerja masing-masing, safety talk, penanganan lim-bah dan penerapan K3 guna mendukung kegiatan operasional dari setiap unit usaha Jhonlin Group.

Semakin lama, secara perlahan-lahan semua unit usaha yang tergabung dalam Jhonlin Group mulai berbenah seperti setiap pekerja wajib menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) saat memasuki area kerja, pelaksanaan safety talk di semua unit usaha dan melakukan sosialisasi bahaya penyakit akibat kerja maupun bahaya fatique oleh safety representative di unit usaha masing-masing.