OPTIMALISASI KEMANDIRIAN MASYARAKAT BERBUDAYA K3 PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan adanya inovasi, otomatisasi, supercomputer, artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja yang telah membawa perubahan ekonomi berbasis digital, Kementerian Ketenagakerjaan mengambil tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” sebagai tema pokok Bulan K3 Tahun 2020.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah membuka kegiatan Bulan K3 Nasional Tahun 2020 di Silang Monas, Minggu, 12 Januari 2020 yang ditandai dengan jalan sehat K3 bersama 2.000 peserta.

Penerapan K3 pada revolusi industrI 4.0 masih mengahadapi banyak tantangan, salah satunya adalah kesiapan tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi digitalisasi. Perubahan tersebut akan menimbulkan hilangnya beberapa jenis pekerjaan dan memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru dengan pendekatan digital dan IT.

Adanya revolusi industri 4.0 yang disertai dengan perkembangan pembangunan di Indonesia telah meningkatkan intensitas kerja di berbagai sektor yang mempunyai resiko yang mengancam terjadinya kecelakaan. Hal tersebut mengakibatkan semakin tingginya tuntutan dalam mencegah terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja.

Direktur International Labour Organization (ILO) mengatakan bahwa revolusi industri 4.0 mempunyai dampak bukan hanya menghilangkan pekerjaan lama tetapi juga telah menciptakan pekerjaan baru yang pada akhirnya akan mempengaruhi mekanisme sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di era sekarang.

Fenomena ini dapat berdampak pada timbulnya jenis potensi bahaya baru. Oleh karena itu diperlukan strategi pengendalian yang lebih efektif, efisien serta inovatif dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Situasi ini tentu membutuhkan kewaspadaan kita akan pentingnya mengantisipasi potensi problem K3 baru, sembari terus memastikan agar pekerjaan yang bersifat manual tetap terlindungi keselamatan dan kesehatannya.

Permasalahan Human Resource juga menjadi aspek yang penting di dalam mewujudkan K3 yang menjamin bagi keselamatan dan kesehatan pekerja di Indonesia saat ini. Peningkatan skill dalam penggunan teknologi agar tidak gagap teknologi dan kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja harus dimiliki oleh setiap pekerja agar dapat mengikuti situasi kerja dengan benar dan aman.