Qlik View Dashboard Jhonlin Group

Jhonlin Group implementasikan aplikasi Business Intelligent Report yang berorientasikan pada analisasi semua aplikasi transaksi serta monitoring perusahaan. Pertama kalinya di Indonesia Business Intelligent Report digunakan oleh perusahaan pertambangan.

Jhonlin Group, Dashboard Qlik view, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam
Jhonlin Group akan menerapkan aplikasi Bussiness Intelegent atau sering disebut dengan istilah BI, dalam membangun report dashboard menggunakan Qlik view. Untuk sementara pembangunan report dashbord ini akan diprioritaskan kepada unit perusahaan Jhonlin Group yang telah menggunakan System Ellipse  yaitu; PT. Jhonlin Baratama, PT. Dua Samudera Perkasa, PT. Jhonlin Marine Trans dan Holding Company Jhonlin Group. Tujuan dari pembangunan report dashboard ini adalah untuk membantu manajemen dalam melihat dan menganalisa seluruh data secara realtime menyangkut data HR, data Operation, Data Plan Maintenance dan data Finance. Data ini juga bisa diakses via internet, melalui perangkat laptop/pc dan gadget.

Jhonlin Group, Dashboard Qlik view, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam
Kick off
 kegiatan pembangunan report dashboard sudah dimulai sejak 30 september 2013, dan tanggal 25 November, Team IT Jhonlin Group telah melaksanakan kegiatan UAT (User Aceptament Test) bersama manajemen PT. Dua Samudera Perkasa di ruang meeting JG. Secara berurutan, untuk PT. Jhonlin Baratama dilaksanakan 26 November 2013 di ruang meeting Sungai Dua  dan untuk PT. Jhonlinh Marine Trans dilaksanakan tanggal 27 November 2013 di ruang meeting JG. Sementara untuk Jhonlin Group pelaksanaan UAT bertempat di kantor Jhonlin Group Jakarta.Jhonlin Group, Dashboard Qlik view, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam

Kegiatan UAT diawali dengan pemaparan dashboard dari pihak IT, mulai dari dashboard HR, dashbard Operation, dashboard Plant and Maintenenace dan dashboard Finance. Tujuan dari UAT ini adalah untuk memastikan validasi data, dan memberikan kesempatan kepada user terkait data apa saja yang akan ditampilkan dalam dashboard dan bagaimana cara membaca dahboard dan cara menganalisanya.
Jhonlin Group, Dashboard Qlik view, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam

David Sugito selaku team developer dari konsultan Evotech selaku bisnis partner Qlikview di indonesia, menjelaskan “aplikasi ini berasal dari Swedia dan mulai masuk di Indonesia sejak tahun 2011, dan telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar diluar negeri dan di Indonesia, seperti : SHELL, VOLVO, 3M, ALLIANZ, BCA Finance, LOREAL, PIZZA HUT, ABC Group, Kapal Api Group, Cement Gresik dan masih banyak lagi. Jhonlin group adalah perusahaan pertama yang bergerak di bidang industri pertambangan yang menerapkan aplikasi Bussines Intelegent dari produk Qlik view di indonesia

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Marine Trans, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam

Jhonlin Group, PT. Jhonlin Marine Trans, Kalimantan Selatan, Batulicin, h isam

Yadi Mulyadi selaku pimpinan project implementasi BI Dashboard di Jhonlin Group mengungkapkan “Business Intelegent Report berbeda dengan report konvensional. Didalam report konvensional untuk menganalisa sebuah data perlu di load data-data yang dibutuhkan dan biasanya dimasukan ke dalam file excell lalu dilakukan analisa. Hal ini tentunya akan membutuhkan waktu. Dengan Bussiness Intelegent (BI) kita bisa memandang data dari berbagai sudut dalam satu report. Sebagai contoh, dengan melihat total produksi dalam satu bulan, maka Bussiness Intelegent Report bisa menampilkan, total biaya produksi, jumlah unit equipment yang digunakan, jumlah operator yang bekerja, dalam waktu bersama. Dengan BI, semua report dapat ditampilkan lebih interaktif, dan tentunya banyak fitur lain yang bisa di terapkan dan dimanfaatkan”.

Jhonlin Group, SHE Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Batulicin, Qlik view, h isam

Jhonlin Group, SHE Jhonlin Group, Kalimantan Selatan, Batulicin, Qlik view, h isam
Sesuai rencana, untuk penggunaan dashboard PT. Jhonlin Baratama, PT. Dua Samudera Perkasa, PT. Jhonlin Marine Trans dan Jhonlin Group akan di di realisasikan awal bulan desember 2013. Rencananya Team Developer Jhonlin Group akan mulai roll out untuk unit usaha lain yang tidak menggunakan System Ellipse seperti PT. Jhonlin Agromandiri, PT. Batulicin Bethon Asphalt, lalu dilanjutkan dengan dashboard SHE Jhonlin Group.