REHABILITASI LAHAN PT. Jhonlin Baratama Site Sungai Danau

Kebaikan alam yang telah memberi kita penghidupan haruslah dibalas dengan pengelolaan lingkungan yang baik, terlebih pada area yang menjadi lading pertambangan.
jhonlin group
Menyadari bahwa kegiatan operasionalnya menimbulkan dampak penting terhadap lingkungan, PT.Jhonlin Baratama berupaya melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan secara sistematis dan terintegrasi.Kegiatan tersebut dimulai dari kebijakan K3LH sebagai bentuk serta komitmen manajemen PT. Jhonlin Baratama terhadap pemenuhan regulasi perundang-undangan mengenai Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan, Program Pengelolaan Lingkungan Tahunan, Pelaksanaan Program Lingkungan Tahunan yang melibatkan partisipasi antar departemen, serta Evaluasi Pelaksanaan Program Pengelolaan Lingkungan.

Program-program tersebut harus dilakukan karena untuk mencegah berbagai perubahan lingkungan yang terjadi akibat kegiatan operasional seperti perubahan bentang lahan (landscape), hilangnya vegetasi, perubahan iklim mikro,permasalahan air larian (runoff), permasalahan air asam (acid mine drainage), dll. Khusus untuk area kerja Jumbang, Sungai Danau, salah satu Program Pengelolaan Lingkungan Tahunan yang telah dilaksanakan selama periode 2014 ialah kegiatan rehabilitasi lahan yang didasarkan PP Nomor 76 Tahun 2008 Tentang Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan. Kegiatan ini sebagai upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.
jhonlin group
Ada banyak kegiatan rehabilitasi lahan yang telah dilakukan oleh PT. Jhonlin Baratama area kerja Jumbang, Sungai Danau seperti penataan lahan yang mencakup penataan lahan untuk area disposal (kemiringan dan kestabilan lereng) dan pengisian lumbang tambang (backfill), penebaran lapisan tanah pucuk untuk lahan yang telah dilakukan proses penataan,pengendalian erosi dan air larian (runoff) untuk area disposal/ lahan yang telah di tata dan telah dilakukan penebaran lapisan tanah pucuk dengan metode vegetatif maupun metode teknis serta kegiatan penanaman bibit (revegetasi) sebanyak 9445 pohon di area reklamasi PIT 01 dengan cakupan area sebesar 11.33 Ha, yang dilakukan pada periode April dan Desember 2014.
jhonlin group
Selama periode 2014, PT. Jhonlin Baratama menyerahkan lahan yang telah dikelola (penataan dan penebaran lapisan tanah pucuk) kepada PT. Gawi Makmur Kalimantan sebesar 33.2 Ha. Ke depannya lahan ini akan ditanami tanaman industri sesuai dengan rona awal lingkungan yang mengacu pada Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Reklamasi dan Pasca tambang pada kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara maupun kontrak kerjasama antara PT. Jhonlin Baratama dengan PT. Gawi Makmur Kalimantan.

Mengawali 2015, PT. Jhonlin Baratama mengadakan acara penanaman di PIT 01 yang melibatkan all unit departemen M. Sodiq, Penanggung Jawab Operasional (PJO) PT. Jhonlin Baratama merasa senang karena dengan kegiatan reklamasi ini dampak yang ditimbulkan oleh adanya kegiatan pertambangan dapat dimanfaatkan kembali sesuai dengan fungsinya. M. Salim, Safety Officer SHE Jhonlin Group pun juga membenarkan pernyataan rekannya tersebut karena baginya dengan reklamasi dalam setiap kegiatan pertambangan diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar area kerja.