Synergy Integrated Jhonlin Group

Refleksi Dan Resolusi Jhonlin Group “Keep fight and moving forward”
Kembali kita tiba di pergantian tahun, sebuah garis imajiner yang sering dipakai untuk membatasi antara masa lalu dan masa yang akan datang. Sebuah momentum yang dapat digunakan untuk mengubur atau memperbaiki hal-hal yang tidak atau kurang baik di tahun sebelumnya untuk kemudian menatap optimis ke depan. Meski kita tahu bahwa tidak perlu menunggu satu tahun untuk melakukan perubahan-perubahan dalam hidup khususnya Jhonlin Group dan semua unit usahanya, karena setiap saat adalah perubahan.

Jhonlin Group, H Isam Jhonlin Group, Batulicin

Waktu merupakan hal yang sangat berharga bagi Jhonlin Group, tahun 2013 merupakan tahun yang spesial dan membanggakan. Selain bertambahnya usia, berbagai prestasi di semua lini telah diperoleh Jhonlin Group. Pencapaian ini tentunya tidak mudah, dibutuhkan proses pembelajaran yang tepat, kerjasama yang solid, kerja keras dan senantiasa fokus pada tujuan.

Jhonlin Group, H Isam Jhonlin Group, Batulicin

Semangat inilah yang memacu kemajuan disemua unit usaha baik dari segi peraturan perusahaan, sistem yang mengautomasikan semua kegiatan operasional maupun koordinasi masing-masing unit usaha dalam payung holding company. Meski berasal dari latar belakang budaya serta visi misi yang berbeda bukan berarti Jhonlin Group tidak dapat bersatu dan menjadi lebih baik, seperti sekarang ini, terlihat dari berbagai pencapaian yang diraih Jhonlin Group yang perlahan-lahan mengarah kepada synergy integrated di semua unit usaha Jhonlin Group.

Kesuksesan Jhonlin Group di tahun 2013 tentu membawa implikasi kewajiban moral bagi setiap individu dan masing-masing unit usaha untuk bekerja keras dan konsentrasi penuh untuk meraih kesuksesan yang sama bahkan melebihi tahun sebelumnya. Setidaknya, awal tahun dibuka dengan implementasi Business Intelligent Report yang menjadi sistem aplikasi analisa semua transaksi dari masing-masing unit usaha Jhonlin Group dalam bentuk dashboard. Memudahkan pemimpin perusahaan menganalisa laporan kerja sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan kebijakan.

Jhonlin Group, H Isam Jhonlin Group, Batulicin

Jhonlin Group, H Isam Jhonlin Group, Batulicin

Penerapan Ellipse System dibeberapa unit usaha Jhonlin  Group seperti PT. Jhonlin Baratama, PT. Dua Samudera Perkasa, PT. Jhonlin Marine Trans kemudian Jhonlin Group. Setelah itu sertifikasi ISO 9001 : 2008 yang diperoleh oleh PT. Jhonlin Baratama, PT. Dua Samudera Perkasa dan PT. Jhonlin Marine Trans. Disamping sistem yang menunjang kegiatan operasional, peningkatan sumber daya  manusia melalui pelatihan-pelatihan dari Organization Development PT. Jhonlin Baratama maupun Training Development and System SHE Jhonlin Group terus dilakukan secara berkala dengan melibatkan semua karyawan dari masing-masing unit usaha, sesuai dengan misi perusahaan continous improvement di semua lini.

COO Jhonlin Group, Ghimoyo telah mencanangkan salah satu obyektif di 2014 yakni synergy integrated, sistem pelaporan dari semua unit usaha menyatu dalam satu dashboard yang terintegrasi, sehingga memudahkan top manajemen dalam menganalisa semua transaksi, khususnya dalam hal pengambilan keputusan. Langkah ini diambil mengingat perkembangan masing-masing unit usaha semakin maju serta menjawab tantangan dari setiap kegiatan yang mengharuskan semuanya bersinergi dalam payung holding company.  Implementasi dashboard Jhonlin Group merupakan salah satu prestasi, dimana Jhonlin Group salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan di Indonesia yang pertama kalinya menggunakan dashboard analisa bisnis intelejen report yang merupakan salah satu produk Qlik View dari Swedia yang sejak tahun 2011 mulai masuk di Indonesia.

Tahun baru, selayaknya membawa kegairahan baru serta semangat yang baru. Kita dapat memulainya dari sekarang. Kita hadirkan suatu resolusi kehidupan, dalam keseriusan sikap untuk menggapai masa depan yang gemilang. Tahun baru adalah semangat baru, harapan baru. Mimpi yang terangkai tahun lalu yang belum sempat diwujudkan semoga dapat terlaksana di tahun ini. Tahun baru adalah semangat untuk berubah menjadi lebih baik, semangat untuk meraih segala impian karena selalu ada harapan baru. Kini tahun baru telah tiba, menawarkan berjuta mimpi, membentangkan selaksa harapan; bukan duka dan kekecewaan. Ini adalah tahun yang penuh kesuksesan, keep fight and keep moving forward. Dibutuhkan keseriusan untuk merealisasikannya. Ada niat dan upaya untuk bisa membuat pencapaian yang ingin kita raih sebagai resolusi yang tentunya lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Apa Kata Mereka ?
Proses Synergy Integrated sedang berjalan di Jhonlin Group.
Berikut adalah beberapa proses yang akan dan telah dilaksanakan guna mendukung terwujudnya Synergy Integrated di Jhonlin Group.

Jhonlin Group, H Isam Jhonlin Group, Batulicin

Yadi
IT Application & Develope
Group IT JG

Saat ini ada dua proyek yang dijalankan oleh Jhonlin Group diantaranya proyek pembuatan report dalam bentuk Dashboard yang nantinya dapat di akses online dimana sumber datanya diambil dari Ellipse System untuk PT. Jhonlin Baratama, PT. Dua Samudera Perkasa, PT. Jhonlin Marine Trans dan Jhonlin Group, sementara data non Ellipse System seperti PT. Jhonlin Agromandiri, PT. Batulicin Beton Asphalt dan lain-lainnya mulai dari Operation, Plant Maintenance, Supply Chain, Human Resource, Finance and Accounting yang dilaporkan terpisah sesuai dengan unit masing masing.

Kemudian proyek berikutnya yakni konsolidasi data Finance and accounting, sumber datanya diambil dari Ellipse System dan non Ellipse System. Data yang diambil dibentuk dalam satu laporan konsul yang isinya gabungan dari beberapa unit usaha terkait. Nah, dua kegiatan tersebut saling terpisah, hanya saja hasil olahan data konsolidasi finance and accounting nantinya bisa dimasukan dan disimpan dalam bentuk Dashboard sehingga bisa diakses dimanapun dan historinya tersimpan. Ini merupakan salah satu program manajemen dalam mewujudkan misi perusahaan di segala aspek yang mengerucut kepada holding company melalui integrated system dan synergy.

Jhonlin Group, H Isam Jhonlin Group, Batulicin

Andri
Manager Acc. PT. Jhonlin Baratama

Integrasi di holding berguna untuk monitoring semua perusahaan pada dasarnya bisa saja dilakukan. Jadi, nantinya jajaran BOD di tingkat holding company beserta owner dapat melakukan monitoring terhadap unit-unit usahanya. Salah satu dampak positifnya adalah kearah terciptanya suatu sinergi antara keinginan owner dan parent company dengan perusahaan anak.

Deviasi visi dapat dengan cepat diarahkan untuk kembali ke ‘jalan yang benar’. Intinya, penting untuk men-sinergi-kan system dengan report yang diinginkan oleh direksi. Saya rasa hal ini tidak mudah untuk dilakukan, diperlukan suatu effort yang besar untuk menciptakan dashboard yang informatif serta bernilai tambah. Apapun tools yang digunakan, tetap tidak terlepas dari peran sumber daya manusia yang ada.

Jhonlin Group, H Isam Jhonlin Group, Batulicin

Temmy
Supt. Acc. & Tax PT. Jhonlin Marine Trans

Proses konsolidasi laporan keuangan unit usaha yang saat ini dilakukan oleh Jhonlin Group masih dalam tahap pembangunan aplikasi Financial Consolidation. Pembangunan aplikasi ini bertujuan agar proses konsolidasi yang dilakukan secara manual dapat dilakukan dengan lebih sistematis,  penyimpanan data yang terpusat dalam satu database yang memudahkan proses koreksi, konsolidasi dan eliminasi yang juga dilengkapi dengan catatan history/tracking dan akhirnya dapat mempermudah pembuatan laporan konsolidasi dari unit-unit usaha yang terkait. Sementara Dashboard merupakan sebuah tampilan panel yang dibuat oleh sebuah software computer dengan tujuan menampilkan informasi yang mudah dibaca.

Kaitan antara konsolidasi dengan Dashboard adalah informasi penting dari laporan keuangan yang nantinya dihasilkan dari aplikasi Financial Consolidation akan di tampilkan di Dashboard yang tujuannya agar lebih mudah dalam membaca laporan, menganalisa dan membuat perencanaan mendatang.