ERA Group ; Go Live System SAP & Agro Forestry Management System

FacebookTwitterWhatsAppLine

SAP_ERA_002

Setelah melalui proses panjang dalam persiapan implementasi system SAP, ERA Group telah memantapkan langkahnya menuju perubahan sistem terintegrasi berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) dengan SAP Platform.

Hal ini ditandai dengan pelaksanaan Go live Ceremony Implementasi SAP di ruang meeting Jhonlin Group, Rabu 5 September 2017 yang dihadiri CEO ERA Group beserta jajaran Direksi dan seluruh unit kerjanya. Penerapan sistem ini, merupakan satu langkah untuk menjadikan ERA Group perusahaan yang besar dan dengan management yang berbasis system data valid real time dan terintegrasi.

Tidak hanya ceremony Go Live implementasi system ERP- SAP, dilakukan juga simulasi transaksi RKB (Rencana Kerja Bulanan) dari modul APL (Agro Plantation) & HR ke dalam AFMS (Agro Forestry Management System). Selain AFMS, ada lima modul SAP yang akan diimplementasikan nantinya di antaranya FICO (Financial & Controlling), MM (Material Management), PP (Production & Planning), SD (Sales & Distribution) dan PM (Plant & Maintenance).

Project Manager implementasi system SAP ERA Group, Ilham Rusydi menyampaikan project ini melibatkan semua karyawan dalam unit usaha Agro & Forestry sebagai End User serta didukung SDM dari JG khususnya IT Department. Dalam pelaksanaannya, secara internal dibentuk Tim Key User SAP Project yang menjalankan tugas mengarahkan implementasi di masing-masing unit usaha dengan dibantu pihak Konsultan SAP yang ditunjuk.

Selain itu, kami juga mengimplementasi system khusus untuk operasional kebun yang mendukung SAP yaitu AFMS-Agro & Forestry Management System yang mengintegrasikan proses-proses perencanaan dan realisasi seluruh aktivitas kebun bidang Agro & Forestry, termasuk penghitungan gaji, upah karyawan & benefit lainnya.

Menurutnya “Hal yang terpenting dalam pelaksanaan implementasi ERP-SAP maupun AFMS-Agro & Forestry Management ini adalah change management. SAP hanya alat bantu/tools dalam bekerja. Sifatnya hanya membantu atau memudahkan, dimana dengan adanya otomasi akan menghemat waktu. Kami berharap semua unit usaha terintegrasi sehingga memudahkan konsolidasi dan pengendalian sehingga memudahkan manajemen dalam membuat keputusan bisnis dengan lebih cepat serta meningkatkan komitmen perusahaan dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.”

Baca juga : Q & A  Pimpinan Project SAP & AFMS ERA Group

SAP_ERA_001

SAP_ERA_004