Takhtimul & Tahfidzul Qur’an Juz 30 ke-V TPA Masjid Agung Al-Falah Unit 142

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Al-Falah menggelar Takhtimul & Tahfidzul Qur’an juz 30 ke-V unit 142 yang diikuti sekitar 40 santri dan santriwati di halaman Masjid Al-Falah, Minggu, 5 Januari 2020.

Pelaksanaan Takhtimul & Tahfidzul Qur’an juz 30 ke-V mengambil tema ‘Al Qur’an Pedoman Hidup Bagi Agama, Bangsa dan Negara.’

Yarno, Kepala TPA Masjid Al Falah menyampaikan, “Takhtimul & Tahfidzul Qur’an yang dilaksanakan hari ini diikuti sekitar 40 orang santri dan santriwati. Ini merupakan yang ke- V sejak 2016 berdirinya TPA Masjid Agung Al-Falah, sekitar 400 lebih santri yang saat ini belajar di TPA Al-Falah dengan jumlah khataman 140 orang dan tahfidz sekitar 60 orang.”

Lanjut Yarno, Kepala TPA Masjid Al Falah, “Dengan hafalan Al-Qur’an juz 30 mudah-mudahan santri dan santriwati dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama bacaan surat-surat pendek dalam ibadah shalat lima waktu.

Dikesempatan yang sama, H Paijan Pembina Pengurus TPA Masjid Al Falah mengatakan, “Tujuan dari diadakannya Takhtimul & Tahfidzul Qur’an untuk memberikan motivasi ataupun semangat bagi anak didik agar lebih mencintai dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Melalui lembaga TPA ini, kami berusaha membentuk karakter generasi Islam, kami mohon doa dan dukungan bapak ibu serta tenaga pengajar di TPA Al- Falah agar dapat mewujudkan itu semua.”

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H Rooswandi Salem.M.Sos.MM dalam sambutannya menyampaikan, “Selamat bagi santri dan santriwati yang mengikuti Takhtimul & Tahfidzul Qur’an juz 30 ke-V di TPA Masjid Al Falah. Berkenaan kegiatan hari ini kami memiliki program bagi anak-anak yang telah lulus Sekolah Dasar yang menghapal juz amma atau juz 30 diperkenankan memilih sekolah di Tanah Bumbu tanpa melalui tes.”

“Kita ingin membangun Tanah Bumbu kedepan, untuk itulah peran pemerintah, masyarakat dan orang tua harus bersinergi. Bapak ibu patut bersyukur, anak-anaknya sudah bisa menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an sejak dini. Mari jadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, karena sumber daya manusia yang terbaik adalah yang memahami agama, Al-Qur’an dan memiliki akhlak yang baik.” jelas H Rooswandi Salem.

Diakhir acara Kepala TPA Masjid Al Falah, Yarno menyampaikan, “Kami menyambut dengan baik program yang disebutkan bapak Sekertaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu tadi. Kami mohon doa dan dukungan orang tua murid agar proses belajar di TPA Masjid Al Falah dan semakin banyak tahfidz Qur-an yang lahir dari TPA Masjid Al-Falah.”

Penyerahan ijazah kepada santri dan santriwati Takhtimul & Tahfidzul Qur’an juz 30 oleh Pembina TPA Masjid Al Falah H Paijan dan Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Tanah Bumbu.

Acara Takhtimul & Tahfidzul Qur’an juz 30 ke-V di Masjid Al-Falah dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ketua BKPRMI, Camat Simpang Empat, Pembina TPA Masjid Al-Falah beserta seluruh takmir masjid, Orang tua santri dan santriwati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *