Implementasi SAP Sebagai Langkah Awal Menuju Sinergi Integrasi Group Agro dan Forestry PT. ESHAN RIMBA AGRO

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

SAP ERA

Selasa, 22 November 2016, PT. Eshan Rimba Agro (PT. ERA) melakukan Kick-Off implementasi SAP untuk mewujudkan sinergi integrasi group agro dan forestry unit usaha yang berada dalam naungan PT. ERA. PT. ERA merupakan holding company dari beberapa anak perusahaan di bidang agro dan forestry yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Kick off implementasi SAP dilaksanakan di ruang meeting PT. Jhonlin Group yang dihadiri oleh Top Management unit usaha yang tergabung dalam group agro dan forestry PT. ERA.

Ghimoyo selaku CEO PT. Jhonlin Group  mengatakan “Sistem ini membutuhkan change agent (team perubahan),  dengan sistem SAP ini mudah-mudahan dapat membawa perubahan dengan didukung komitmen kita semua yang terlibat dalam peng-aplikasian sistem SAP”. Ditambahkannya “Sistem SAP ini hanyalah alat untuk bekerja, sementara tentang keberhasilan dari aplikasi system ini tergantung kepada pengguna aplikasi ini, jadi dibutuhkan kerja sama yang solid demi tercapainya integrasi system di group agro dan forestry ini”, ungkapnya.

img_0129-copy

SAP (System Application and Product in data processing)  merupakan software ERP yang membantu perusahaan dalam merencanakan dan melakukan operasional kerja secara efektif dan efisien. Dengan diterapkannya system SAP di PT. Eshan Rimba Agro (PT. ERA), diharapkan seluruh unit usaha yang ada dalam naungan PT. ERA dalam operasional kerjanya dapat terintegrasi baik dalam system kerja unit maupun kerja sama antar unit usaha PT. ERA. Karena dengan SAP akan terjadi update data yang terhubung antara satu dengan lainnya, atau lebih dikenal dengan “Real Time Processing”.

Modul-Modul yang ada dalam SAP diantaranya adalah; Sales & Distribution,  Materials Management, Production Planning, Financial Accounting, Controlling.

Integrasi secara sistem bisa terjadi dengan syarat bahwa seluruh perusahaan harus menggunakan satu sumber data yang sama, baik untuk data customer, data product maupun data vendor. Kemudian adanya transparansi data, yang artinya semua user yang mempunyai akses ke sistem akan dapat melihat semua informasi yang paling up-to-date setiap saat diperlukan walaupun informasi tersebut di-input oleh user lain.

img_0134-copy

Beberapa manfaat jika system SAP ini dapat berjalan baik dalam system kerja group agro dan forestry, antara lain.

Dalam hal peningkatan kecepatan dari proses bisnis;
1. Meningkatkan customer service.
2. Meningkatkan response terhadap perubahan pasar.

Meningkatkan konsistensi dari proses bisnis;
1. Memastikan bahwa SOP dijalankan dengan baik.
2. Meningkatkan fungsi monitoring dan controlling di masing-masing bagian.
3. Mengurangi human errors.

Meningkatkan kualitas dari proses bisnis;
1. Meningkatkan kualitas dari informasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk pengambilan keputusan secara cepat dan tepat.
2. Meningkatkan fungsi analisa terhadap suatu situasi.

img_0179-copy

Share.

Comments are closed.